Blog

Blog Terbaru

Kenapa Kita Harus Umroh? Kajian dari Beberapa Hadis

Ibadah umroh adalah salah satu rukun Islam yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat muslim. Ibadah ini merupakan perjalanan spiritual yang membawa banyak manfaat bagi kehidupan seorang muslim. Oleh karenanya pada kesempatan kali ini kita kan bersama-sama belajar dan membahas kenapa kita harus umroh? Dengan mengambil beberapa sumber dari Al-Quran dan Hadis

Alasan Pertama: Ibadah Umroh Merupakan Perintah Allah SWT

Alasan pertama kenapa umat muslim harus menunaikan ibadah umroh adalah karena ibadah ini merupakan perintah Allah SWT. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Al-Baqarah ayat 196:

وَأَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلَّهِ

Artinya: Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah.

Perintah Allah SWT ini merupakan bentuk ketaatan seorang hamba kepada Sang Pencipta. Dengan melaksanakan perintah Allah SWT, seorang muslim akan mendapatkan rida dan pahala dari-Nya.

Alasan Kedua: Ibadah Umroh Dapat Menghapus Dosa

Alasan kedua mengapa kita sebagai umat muslim harus menunaikan ibadah umroh adalah karena ibadah ini dapat menghapus dosa. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam hadis berikut:

تَابِعُوا بين الحجِّ والعمرةِ ، فإنَّهما ينفيانِ الفقرَ والذنوبَ ، كما يَنفي الكيرُ خَبَثَ الحديدِ والذهبِ والفضةِ ، وليس للحجةِ المبرورةِ ثوابٌ إلا الجنةُ

 

“Iringilah ibadah haji dengan (memperbanyak) ibadah umroh (berikutnya), karena sesungguhnya keduanya dapat menghilangkan kefakiran dan dosa-dosa sebagaimana alat peniup besi panas menghilangkan karat pada besi, emas dan perak. Dan tidak ada (balasan) bagi (pelaku) haji yang mabrur melainkan surga.” (HR Imam at-Tirmidzi).

 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ : أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ قَالَ: الْعُمْرَةُ إِلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا، وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلَّا الْجَنَّةَ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

Baca Juga  Cara Menghitung dan Tips Memperpendek Masa Tunggu Haji

Artinya : Dari Abu Hurairoh, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda : Dari satu umrah ke umrah yang lain adalah penghapus dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannnya melainkan Surga.

Hadis ini menunjukkan bahwa ibadah ini memiliki keutamaan yang sangat besar, yaitu dapat menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan oleh seorang muslim. Trutama jika seseorang menunaikan umroh tidak hanya sekali.

Alasan Ketiga: Jaminan Dikabulkannya Doa

Alasan ketiga kenapa kita sebagai umat muslim harus menunaikan ibadah umroh adalah karena Allah sangat memuliakan orang yang menjalankannya. Bahkan Rasulullah pernah bersabda bahwasannya seorang yang sedang melaksanakan haji atau umroh merupakan tamu istimewa Allah. Seperti hadis dari Abu Hurairoh R.A berikut.

 

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ س قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: «الْحُجَّاجُ وَالْعُمَّارُ وَفْدُ اللهِ عز وجل، إن دَعوْه أجابَهم، وإنِ استغفرُوهُ غفرَ لهُم»

Artinya : Dari Abu Hurairoh R.A. Rasulullah SAW bersabda : orang yang menunaikan haji dan umroh merupakan delegasi (tamu istimewa) Allah. Jika mereka berdoa, maka Allah akan kabulkan doa-doa mereka. Dan jika mereka memohon ampunan, maka Allah akan mengampuni mereka. (H.R. an-Nasa’iy)

Dari Hadis di atas, kita bisa melihat bahwa orang yang melaksanakan ini sangat istimewa di hadapan Allah. Sampai-sampai Allah menjamin doa-doa setiap orang yang umroh akan dijawab. Selain itu, setiap yang memohon ampun juga pasti mendapatkan ampunan dari Allah

Alasan Keempat: Merupakan Peluang untuk Mendapatkan Pahala setara Jihad

Alasan keempat kenapa kita sebagai umat muslim harus menunaikan ibadah umroh adalah karena ibadah ini merupakan peluang untuk mendapatkan pahala yang besar. Hal ini dikarenakan ibadah umroh merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Bahkan Pahala umroh memiliki derajat yang hampir sama dengan jihad. Berikut hadisnya.

Rasulullah SAW bersabda:

عن عائشة رضي الله تعالى عنها قالت: (قلت: يا رسول الله! على النساء جهاد؟ قال: نعم، عليهن جهاد لا قتال فيه: الحج والعمرة)

Baca Juga  Apa saja Persiapan Umroh di Musim Dingin?

Artinya : Dari Aisyah R.A. ia berkata : wahai Rasulullah, apakah perempuan bisa berjihad? Rasulullah menjawab : iya, bagi mereka jihad tanpa peperangan yaitu haji dan umroh (H.R. Ahmad)

Bagaimana bisa umroh mendapatkan pahala setara jihad? beberapa ulama menafsirkan bahwa jihad merupakah pengorbanan yang berupa keletihan badan, harta, dan hilangnya ruh atau nyawa. Sedangkan ibadah ini memiliki derajat setara jihad shogir atau jihad ringan. Hal itu karena umroh hanya memenuhi 2 pengorbanan dalam jihad. yaitu keletihan badan dan pengorbanan harta, tanpa mengorbankan nyawa. Wallahu a’lam

Dalam hadis lain Nabi mengirimkan Saudaranya untuk menemani Aisyah menunaikan Umroh.

أنَّ النبيَّ صَلَّى اللهُ عليه وَسَلَّمَ بَعَثَ معهَا أَخَاهَا عَبْدَ الرَّحْمَنِ، فأعْمَرَهَا مِنَ التَّنْعِيمِ، وَحَمَلَهَا علَى قَتَبٍ» وَقالَ عُمَرُ رَضِيَ اللَّهُ عنْه: «شُدُّوا الرِّحَالَ في الحَجِّ فإنَّه أَحَدُ الجِهَادَيْنِ

ِArtinya : Sesungguhnya Nabi SAW mengirimkan bersamanya saudaranya yang bernama Abdurrahman, Maka ia menemani Aisyah untuk berumroh dari Tan’im. Lalu Umar berkata “Pergilah untuk berhaji sesungguhnya itu adalah salah satu dari dua bentuk jihad

Dalam hadis tersebut dijelaskan, bahwa Abas bin Rabiah pernah mengatakan bahwa sebelumnya Umar pernah berkata dalam sebuah Khutbah “Ketika kalian sedang tidak berperang, maka pergilah haji atau umroh. Sesungguhnya itu merupakan salah satu dari dua jihad.

Maksudnya di sini, arti 2 jihad yang ada pada hadis di atas adalah haji dan umroh. Seperti kata Umar R.A. dalam khutbahnya.

Alasan Kelima: Pengalaman Spiritual yang Luar Biasa

Alasan kelima mengapa umat muslim harus menunaikan ibadah umroh adalah karena ibadah ini merupakan pengalaman spiritual yang luar biasa. Hal ini dikarenakan ibadah ini akan membawa seorang muslim untuk merasakan langsung suasana spiritual yang sangat kental di Tanah Suci.

Dalam ibadah ini, seorang muslim akan mengunjungi berbagai tempat suci, seperti Ka’bah, Masjidil Haram, dan Masjid Nabawi. Tempat-tempat suci ini memiliki nilai spiritual yang sangat tinggi, sehingga dapat memberikan ketenangan dan kedamaian bagi hati seorang muslim.

Baca Juga  Apa Saja Tugas Muthawif dan Tour Leader Umroh? Perbedaan, Kesamaan, dan Tugas Utama

Baca Juga : Keutamaan Ziarah ke Tanah Suci Makkah dan Madinnah

Setiap umat muslim yang hendak menunaikan ibadah umrah sebaiknya mempersiapkan diri terlebih dahulu. Mulai dari persiapan mental, pengetahuan, hingga dana. Semuanya harus dipersiapkan agar kita dapat semua fadhilah yang ada pada ibadah umroh.

Cahaya Raudhah menyediakan berbagai paket umroh ekonomis dengan fasilitas terbaik. Mulai dari paket reguler sampai paket umroh plus dengan harga terjangkau. Selain itu, setiap jamaah juga akan mendapatkan bimbingan manasik guna persiapan menunaikan ibadah yang mulia ini. Dengan harapan, ibadah yang kita laksanakan dapat maksimal dan diterima oleh Allah.

Baca Juga : Kumpulan Doa Kepulangan Umroh untuk Tamu

Alasan Keenam : Mendapatkan Pahala Umroh Setara haji

Mendapatkan pahala setara Haji? bagaimana bisa? Tentu bisa jika kita menunaikan umroh ketika bulan Ramadhah. Seperti yang diutarakan nabi dalam sebuah hadis. Berikut hadisnya : 

«إنَّ الحجَّ والعمرةَ في سبيلِ اللهِ ، وإنَّ عُمرةً في رمضانَ تعدِلُ حَجَّةً ، أو تُجزِي حجَّةً»

Artinya : Sesungguhnya haji dan umroh merupakan aktifitas Fisabilillah. Dan sesungguhnya umroh di bulan ramadhahn seperti haji. atau diganjar sepadang dengan haji. (H.R. Bukhori : 1782)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Recent Posts

  • All Post
  • Blog
  • Edukasi Islam
  • Fiqih Umroh
  • Haji
  • Info Umroh Plus
  • News
  • Review Paket Umroh
  • Review Wisata Halal
  • Tips Umroh
  • Uncategorized
  • Wisata

PT. Cahaya Raudhah

Jl. Ukong Sutaatmaja, Cigadung, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41211

© Created by Cahaya Raudhah Tour and Travel

Buka Chat
Cahaya Raudhah
Assalamualaikum

Ada yang bisa kami bantu?

Hubungi Kak Sandra (admin) untuk informasi lebih lanjut..