Blog

Blog Terbaru

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Pulang Haji atau Umroh? Kegiatan Sepulang Haji dan Umroh

Kegiatan ketika pulang haji atau umroh – Menunaikan ibadah haji atau umroh merupakan sebuah anugerah yang luar biasa bagi umat muslim. Perjalanan suci ini tak hanya menjadi momen spiritual yang tak terlupakan, tetapi juga membawa transformasi diri dan kedekatan yang lebih dalam dengan Allah SWT.

Sepulang dari Tanah Suci, tentu banyak hal yang ingin dibagikan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa panduan kegiatan yang dapat dilakukan setelah pulang haji atau umroh:

1. Membaca Doa Sepulang Haji atau Umroh

Langkah pertama yang dianjurkan adalah membaca doa sepulang haji atau umroh. Doa ini berisi rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT dan permohonan agar ibadah yang telah dijalani diterima dengan baik.

Anda bisa membaca doa berikut : 

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ حَجَّنَاحَجًّامَبْرُوْرًا، وَعُمْرَتَنَاعُمْرَةًمَبْرُوْرًا،وَسَعْيَنَاسَعْيًامَشْكُوْرًا، وَذَنْبَنَاذَنْبًامَغْفُوْرًا، وَعَمَلَنَاعَمَلًاصَالِحًا مَقْبُوْلًا، وَتِجَارَتَنَاتِجَارَةً لَنْتَبُوْرَ، يَا عَالِمَ مَا فِى الصُّدُوْرِأَخْرِجْنَامِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ

 

Allahummaj’al hajjana hajjan mabruron, wa ‘umrotana ‘umrotan mabruron, wasa’ yana sa’yan masykuro, wa dzambanaa dzanban maghfuro, wa ‘amalana ‘amalan sholihan maqbula, watija rotana tijaarotan lan tabuur, yaa ‘aalima maa fis shuduur, akhrijna mina dzulumaati ilannuur.

Artinya: Ya Allah, jadikanlah kami haji mabrur. Umroh kami yang mabrur, sa’i kami yang disyukuri. Dosa kami yang Engkau ampuni. Amal sholeh kami yang Engkau terima dan perdagangan kami perdagangan yang tidak merugi. Wahai Dzat Yang Maha Mengetahui apa yang ada dalam hati kita, keluarkan kami dari kegelapan ini menuju cahaya.

Baca Juga  Rekomendasi Wisata Religi Dunia: Tempat-Tempat Suci dalam Peradaban Islam

Atau Doa Berikut

رَبَّنَااَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلاَخِرَةِحَسَنَةً وَقِنَاعَذَابَ النَّاِر. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ

Robbanaa aatina fiddun ya hasanah, wafil aakhiroti hasanah, waqinaa ‘adzaa bannaar. Walhamdulillahi robbil ‘alamin.

Artinya: “Ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan di akhirat, serta peliharalah kami dari siksa api neraka. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

2. Memberi Kabar Keluarga

Setelah memanjatkan doa, sebarkan kabar gembira kepada keluarga dan kerabat terdekat bahwa Anda telah kembali dengan selamat dari Tanah Suci. Bagikan momen-momen indah selama beribadah dan sampaikan rasa terima kasih atas doa dan dukungan mereka selama Anda menunaikan ibadah.

إِذَا قَضَى أَحَدُكُمْ حَجَّهُ فَلْيُعَجِّلُ الرِّحْلَةِ إِلَى أَهْلِهِ فَإِنَّهُ أَعْظَمُ لِأَجْرِهِ

Artinya: “Jika salah seorang dari kalian telah selesai mengerjakan Haji-nya, hendaklah dia segera pulang kepada keluarganya, karena itu lebih besar pahalanya.” (HR. Ad-Daruquthni).

 

3. Menunaikan Shalat Sunnah Safar

Sepulang dari perjalanan jauh, dianjurkan untuk menunaikan shalat sunnah safar sebagai bentuk rasa syukur atas keselamatan dan kelancaran perjalanan. Shalat sunnah ini dapat dilakukan di rumah atau masjid terdekat.

4. Mengadakan Syukuran Sederhana

Syukuran merupakan bentuk ungkapan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Syukuran dapat dilakukan dengan mengadakan pengajian, mengundang keluarga, tetangga, dan kerabat dekat, serta membagikan makanan.

5. Bersilaturahmi dan Mendoakan Keluarga serta Orang-orang Sekitar

Manfaatkan momen ini untuk mempererat silaturahmi dengan keluarga, tetangga, dan orang-orang sekitar. Bagikan pengalaman dan ilmu yang diperoleh selama di Tanah Suci, serta doakan agar mereka juga berkesempatan untuk menunaikan ibadah haji atau umroh di masa depan. Anda juga bisa membacakan doa untuk kebaikan para tamu. berikut beberapa doa untuk tamu yang bisa anda bacakan:

Bacaan Doa untuk Tamu agar mendapatkan keberkahan

Doa ini memohon kepada Allah SWT agarkita dan para tamu mendapatkan keberkahan dalam hidup, baik di dunia maupun di akhirat.

Baca Juga  Waktu-Waktu Terbaik untuk Umroh: Panduan Lengkap

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِي أَمْوَالِهِمْ، وَأَوْلَادِهِمْ، وَأَعْمَالِهِمْ.

Allahumma barik lahum fī amwālihim, wa awlādihim, wa a’mālihim.

Artinya:

“Ya Allah, berkahilah mereka dalam harta, anak-anak, dan amal mereka.”

Doa ini memohon kepada Allah SWT agar para tamu diberkahi dalam hartanya, sehingga mereka dapat menggunakannya untuk beribadah dan membantu orang lain. Selain itu, doa ini juga memohon agar para tamu diberkahi dalam keturunannya, sehingga mereka dapat menjadi generasi yang saleh dan bermanfaat bagi umat.

Bacaan Doa untuk Tamu agar menjadi teladan

Doa ini memohon kepada Allah SWT agar kita dan para tamu menjadi teladan bagi orang-orang di sekitarnya.

 

اللَّهُمَّ اجْعَلْهُمْ أَئِمَّةً مُهْتَدِينَ، وَجَنَّبْهُمُ الْكِبْرَ وَالْعُجْبَ وَالْمَكْرَ وَالْخَدِيْعَةَ، وَارْزُقْهُمُ الْعِلْمَ وَالْحِلْمَ وَالصَّبْرَ وَالرِّضَا.

Allahumma aj’alhum a’immatan muhtadīn, wa jannibhukum al-kibra wa al-‘ujba wa al-makra wa al-khadi’ata, wa arzuqhumu al-‘ilma wa al-hilma wa al-shabara wa al-ridhā.

Artinya:

“Ya Allah, jadikanlah mereka imam-imam yang mendapat petunjuk, dan jauhkanlah mereka dari kesombongan, keangkuhan, tipu daya, dan dusta, dan berikanlah mereka ilmu, kelapangan hati, kesabaran, dan keridhaan.”

Baca Selengkapnya : Bacaan Doa Kepulangan Umroh untuk Tamu

 

6. Terus Meningkatkan Ibadah

Pulang haji atau umroh bukan berarti akhir dari perjalanan spiritual. Justru, momen ini menjadi awal baru untuk meningkatkan kualitas ibadah dan ketaatan kepada Allah SWT. Pertahankan kebiasaan baik yang dipelajari selama di Tanah Suci, seperti shalat tepat waktu, membaca Al-Quran, dan bersedekah.

7. Mengamalkan Ilmu yang Dipelajari

Selama di Tanah Suci, banyak ilmu dan wawasan agama yang diperoleh. Manfaatkan ilmu tersebut untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Perjalanan ibadah haji atau umroh selalu memberikan banyak sekali hikmah. Setiap orang yang pulang haji atau umroh pasti membawa hal baru yang mereka pelajari di Tanah Suci dalam bentuk pengalaman spiritual. Pengalaman itu biasanya berbeda-beda satu sama lain. Ada baiknya saling bertukar cerita antar jamaah haji atau umroh untuk saling belajar dari setiap pengalaman spritual yang didapatkan. 

Baca Juga  Keunikan Air Zamzam dari Sudut Pandang Kesehatan dan Agama

8. Menjadi Teladan bagi Orang Lain

Umat muslim yang baru pulang haji atau umroh diharapkan dapat menjadi teladan bagi orang lain dengan menunjukkan akhlak mulia dan perilaku yang sesuai dengan syariat Islam. Hal ini dapat dilakukan dengan cara bersikap sopan santun, menebarkan kedamaian, dan membantu orang lain yang membutuhkan.

9. Mengajak Orang Lain untuk Beribadah Haji atau Umroh

Bagi yang mampu, mengajak orang lain untuk menunaikan ibadah haji atau umroh merupakan amalan yang mulia. Bagikan informasi dan pengalaman Anda, bantu mereka dalam proses persiapan, dan berikan dukungan moral dan finansial jika memungkinkan.

Penutup

Pulang haji atau umroh bukanlah akhir dari perjalanan spiritual, melainkan awal dari sebuah transformasi diri yang berkelanjutan. Dengan terus meningkatkan ibadah, mengamalkan ilmu yang diperoleh, dan menjadi teladan bagi orang lain, semoga kita dapat meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Layanan Cahaya Raudhah

Kunjungi :

Cahaya Raudhah Subang

https://www.kompasiana.com/

Travel Umroh Subang, Travel Umroh Tasikmalaya, Travel Umroh Karawang, Travel Umroh Pemalang, Travel Umroh Indramayu, Travel Umroh Garut, Travel Umroh Purwakarta, Travel Umroh Sukabumi, Travel Umroh Sumedang, Travel Umroh Cianjur, Wisata Halal Dunia, Doa Kepulangan Umroh untuk Tamu, Travel Umroh Bandung

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Recent Posts

  • All Post
  • Blog
  • Edukasi Islam
  • Fiqih Umroh
  • Haji
  • Info Umroh Plus
  • News
  • Review Paket Umroh
  • Review Wisata Halal
  • Testimoni jamaah
  • Tips Umroh
  • Uncategorized
  • Wisata

PT. Cahaya Raudhah

Jl. Ukong Sutaatmaja, Cigadung, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41211

© Created by Cahaya Raudhah Tour and Travel

Buka Chat
Cahaya Raudhah
Assalamualaikum

Ada yang bisa kami bantu?

Hubungi Kak Sandra (admin) untuk informasi lebih lanjut..