Blog

Blog Terbaru

Bacaan Doa Kepulangan Umroh untuk Tamu Lengkap dengan Artinya

Umroh adalah ibadah yang sangat istimewa bagi umat Islam. Ibadah ini merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Setelah menyelesaikan umroh, tentunya kita ingin agar ibadah tersebut diterima oleh Allah SWT dan menjadi umroh yang mabrur. Selain itu, alangkah baiknya kita menebarkan berkah dan kebaikan umroh kepada sesama dengan membacakan doa kepulangan umroh untuk tamu. Ada beberapa doa yang bisa kita gunakan. Sesuai dengan niat dan tujuannya

Dalam artikel ini, saya akan membagikan 7 pilihan doa kepulangan umroh yang bisa dibacakan untuk para tamu. Doa-doa ini saya kumpulkan dari berbagai sumber, termasuk dari Al-Qur’an dan hadis.

Anjuran dan Fadhilah Mendoakan Sesama

Mendoakan ataupun mengirimkan doa adalah salah satu amal yang cukup dianjurkan dalam islam. Hal itu terbukti dari beberapa hadis nabi yang secara langsung ataupun tidak langsung memeraintahkan umatnya untuk saling mendoakan. Seperti sabda nabi yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim.

دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لأَخِيْهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ. كُلَّمَا دَعَا ِلأَخِيْهِ بِخَيْرٍ، قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ: آمِيْنَ. وَلَكَ بِمِثْلٍ.

“Doa seorang muslim untuk saudaranya yang tidak hadir adalah mustajab. Di atas kepalanya ada malaikat yang bertugas. Setiap kali dia mendoakan saudaranya dengan kebaikan, malaikat yang bertugas itu berkata, ‘Aamiin, dan untukmu juga kebaikan yang semisal.'” (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca Juga : Apa Perbedaan Rukun Haji dan Umroh

Bacaan Doa Kepulangan Umroh Untuk Diri Sendiri

Sebelum membahas pilihan bacaan umroh untuk tamu, ada baiknya kita mengetahui beberapa doa yang bisa kita panjatkan sepulang umroh untuk kebaikan diri sendiri. Berikut bacaan dianya : 

Bacaan Doa Versi Pertama

رَبَّنَااَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلاَخِرَةِحَسَنَةً وَقِنَاعَذَابَ النَّاِر. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ

Robbanaa aatina fiddun ya hasanah, wafil aakhiroti hasanah, waqinaa ‘adzaa bannaar. Walhamdulillahi robbil ‘alamin.

Artinya: “Ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan di akhirat, serta peliharalah kami dari siksa api neraka. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

Baca Juga  Tips Mengatasi Gangguan Pencernaan Selama Umroh

Bacaan Doa Versi Kedua

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىٰ سَـيِّدِنَامُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَابِهَاحَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ وَزِيَارَةَ قَبْرِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

 

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahirabbil’alamin. Allahumma sholli wasallim wabaarik ‘alaa sayyidina muhammadin sholatan tuballighuna bihaa hajja baitikal haraami wa ziyarota qobri nabiyyika muhammadin shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Artinya : 

Dengan menyebut nama Allah Sang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagiNya, Tuhan semesta alam. Ya Allah, limpahkanlah sholawat, salam serta berkah kepada junjungan kami Nabi Muhammad, melalui sholawat itu dapat menyampaikan kami untuk berhaji ke baitil haram dan ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW.

Bacaan Doa Pulang Umroh Versi Ketiga

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ حَجَّنَاحَجًّامَبْرُوْرًا، وَعُمْرَتَنَاعُمْرَةًمَبْرُوْرًا،وَسَعْيَنَاسَعْيًامَشْكُوْرًا، وَذَنْبَنَاذَنْبًامَغْفُوْرًا، وَعَمَلَنَاعَمَلًاصَالِحًا مَقْبُوْلًا، وَتِجَارَتَنَاتِجَارَةً لَنْتَبُوْرَ، يَا عَالِمَ مَا فِى الصُّدُوْرِأَخْرِجْنَامِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ

Allahummaj’al hajjana hajjan mabruron, wa ‘umrotana ‘umrotan mabruron, wasa’ yana sa’yan masykuro, wa dzambanaa dzanban maghfuro, wa ‘amalana ‘amalan sholihan maqbula, watija rotana tijaarotan lan tabuur, yaa ‘aalima maa fis shuduur, akhrijna mina dzulumaati ilannuur.

Artinya: Ya Allah, jadikanlah kami haji mabrur. Umroh kami yang mabrur, sa’i kami yang disyukuri. Dosa kami yang Engkau ampuni. Amal sholeh kami yang Engkau terima dan perdagangan kami perdagangan yang tidak merugi. Wahai Dzat Yang Maha Mengetahui apa yang ada dalam hati kita, keluarkan kami dari kegelapan ini menuju cahaya.

Kumpulan Bacaan Doa Pulang Umroh untuk Tamu

Berikut ini adalah 7 pilihan bacaan doa untuk acara syukuran atas kepulangan umroh untuk para tamu yang datang:

1. Bacaan Doa agar umroh diterima dan memohonkan ampun untuk setiap umat muslim

Doa ini merupakan doa yang paling utama dibacakan dalam acara syukuran kepulangan umroh. Bacaan doa ini memohon kepada Allah SWT agar umroh kita diterima oleh-Nya. Sekaligus mendoakan para tamu agar selalu mendapatkan ampunan-Nya

 

اللَّهُمَّ اجْعَلْ حَجَّنَا وَعُمْرَتَنَا مَبْرُورَةً، وَتَقْبَلْهَا مِنَّا، وَاغْفِرْ لَنَا وَلِوَالِدَيْنَا، وَلِجَمِيعِ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ.

 

Allahummaj’al hajjana wa ‘umrotana mabruran, wa taqabbalhā minnā, waghfirlnā wa liwalidaynā, wa lijami’il muslimīna wal muslimāti.

Artinya :

“Ya Allah, jadikanlah haji kami dan umrah kami mabrur, dan terimalah (ibadah haji dan umroh) kami, ampunilah kami dan kedua orang tua kami, dan seluruh kaum muslimin dan muslimat.”

Doa ini memohon kepada Allah SWT agar umroh kita diterima dan mendapatkan ganjaran yang terbaik dari-Nya. Selain itu, doa ini juga memohon agar para tamu diampuni dosa-dosanya, termasuk dosa kedua orang tua mereka.

2. Bacaan Doa untuk Tamu agar mendapatkan keberkahan

Doa ini memohon kepada Allah SWT agarkita dan para tamu mendapatkan keberkahan dalam hidup, baik di dunia maupun di akhirat.

Baca Juga  Mengenal Keutamaan Ziarah di Tanah Suci: Edukasi Sebelum Berangkat

 

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِي أَمْوَالِهِمْ، وَأَوْلَادِهِمْ، وَأَعْمَالِهِمْ.

 

Allahumma barik lahum fī amwālihim, wa awlādihim, wa a’mālihim.

Artinya:

“Ya Allah, berkahilah mereka dalam harta, anak-anak, dan amal mereka.”

Doa ini memohon kepada Allah SWT agar para tamu diberkahi dalam hartanya, sehingga mereka dapat menggunakannya untuk beribadah dan membantu orang lain. Selain itu, doa ini juga memohon agar para tamu diberkahi dalam keturunannya, sehingga mereka dapat menjadi generasi yang saleh dan bermanfaat bagi umat.

3. Bacaan Doa untuk Tamu agar senantiasa istiqamah

Doa ini memohon kepada Allah SWT agar kita dan para tamu senantiasa istiqamah dalam menjalankan ibadah dan ketaatan kepada-Nya. Keistiqamahan, seperti terangnya cahaya bulan yang menerangi Kaaba kala malam, menandakan kesetiaan dalam beribadah.

 

اللَّهُمَّ ثَبِّتْهُمْ عَلَى الْإِسْلَامِ، وَالْإِيمَانِ، وَالْإِحْسَانِ، وَاحْفَظْهُمْ مِنْ كُلِّ مَكْرُوهٍ وَمَحْرُومٍ.

Allahumma tsabbithum ‘alā al-islām, wa al-īmān, wa al-iḥsān, waḥfaẓhum min kulli makrūh wa maḥrūm.

Artinya:

“Ya Allah, teguhkanlah mereka di atas Islam, iman, dan ihsan, dan jagalah mereka dari segala yang dibenci dan diharamkan.”

Doa ini memohon kepada Allah SWT agar para tamu senantiasa kokoh dalam keimanannya, berpegang teguh pada ajaran Islam, dan meningkatkan ihsan dalam perilakunya. Selain itu, doa ini juga memohon agar para tamu dijauhkan dari segala hal yang buruk dan diharamkan.

4. Bacaan Doa untuk Tamu agar menjadi teladan

Doa ini memohon kepada Allah SWT agar kita dan para tamu menjadi teladan bagi orang-orang di sekitarnya.

 

اللَّهُمَّ اجْعَلْهُمْ أَئِمَّةً مُهْتَدِينَ، وَجَنَّبْهُمُ الْكِبْرَ وَالْعُجْبَ وَالْمَكْرَ وَالْخَدِيْعَةَ، وَارْزُقْهُمُ الْعِلْمَ وَالْحِلْمَ وَالصَّبْرَ وَالرِّضَا.

Allahumma aj’alhum a’immatan muhtadīn, wa jannibhukum al-kibra wa al-‘ujba wa al-makra wa al-khadi’ata, wa arzuqhumu al-‘ilma wa al-hilma wa al-shabara wa al-ridhā.

Artinya:

“Ya Allah, jadikanlah mereka imam-imam yang mendapat petunjuk, dan jauhkanlah mereka dari kesombongan, keangkuhan, tipu daya, dan dusta, dan berikanlah mereka ilmu, kelapangan hati, kesabaran, dan keridhaan.”

Doa ini memohon kepada Allah SWT agar para tamu menjadi teladan bagi orang-orang di sekitarnya, baik dalam ucapan maupun perbuatan. Selain itu, doa ini juga memohon agar para tamu dijauhkan dari sifat-sifat tercela dan diberikan sifat-sifat terpuji yang bermanfaat bagi diri dan orang lain.

5. Bacaan Doa Pulang Umroh untuk Tamu agar diberi kemudahan untuk kembali umroh

Doa ini memohon kepada Allah SWT agar kita dan para tamu diberi kemudahan untuk kembali menunaikan ibadah umroh lagi di masa mendatang. Kemampuan dan kesempatan untuk kembali ke Tanah Suci bagaikan mata air yang tak pernah kering bagi seorang muslim, memberikan keteduhan dan kesejukan iman.

Baca Juga  Cara Mudah Buka Rekening Tabungan Haji dan Umroh di Cahaya Raudhah Tour and Travel

 

اللَّهُمَّ اجْعَلْ هَذِهِ خَطْوَةً إِلَى قَدَمٍ، وَاجْعَلْ حَجَّنَا وَعُمْرَتَنَا حَبْلًا لَا يَنْقَطَعُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.

Allahumma aj’al hadhihi khatwah iila qadam, wa aj’al hajjana wa ‘umrotana hablًا lā yanqaṭa’u ilā yawmi al-qiyāmah.

Artinya:

“Ya Allah, jadikanlah perjalanan ini sebagai langkah menuju langkah lainnya, dan jadikanlah haji dan umrah kami tali yang tidak putus sampai Hari Kiamat.”

Doa ini memohon kepada Allah SWT agar para tamu diberi kemudahan dan kekuatan untuk kembali menunaikan ibadah umroh di masa mendatang. Selain itu, doa ini juga memohon agar umroh dan haji para tamu diterima oleh Allah SWT dan menjadi bekal di akhirat nanti.

6. Bacaan Doa Pulang Umroh untuk Tamu agar dicatat sebagai orang yang selalu bersyukur

Doa ini memohon kepada Allah SWT agar kita dan para tamu dicatat sebagai orang yang selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan kepadanya.

 

اللَّهُمَّ أَنْتَ الَّذِي أَنْعَمْتَ عَلَيْنَا بِهَذِهِ الرِّحْلَةِ الْمُبَارَكَةِ، فَاشْكُرْنَا لَكَ عَلَيْهَا وَعَلَى جَمِيعِ نِعَمِكَ الظَّاهِرَةِ وَالْبَاطِنَةِ، وَلا تُحْرِمْنَا شُكْرَكَ أَبَدًا.

Allahumma anta al-ladzi an’amta ‘alaina bihadhihi al-rihlati al-mubarakah, fashkurnakalaka ‘alayha wa ‘ala jami’i ni’amikal dhahirah wa al-bathinah, wa la tuḥrimna shukrak abadan.

Artinya:

“Ya Allah, Engkaulah yang telah melimpahkan nikmat kepada kami dengan perjalanan yang penuh berkah ini, maka kami bersyukur kepada-Mu atas nikmat ini dan atas seluruh nikmat-Mu yang tampak dan tersembunyi, dan janganlah Engkau haramkan kami dari rasa syukur selamanya.”

Doa ini memohon kepada Allah SWT agar para tamu dicatat sebagai orang yang selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan kepadanya, baik nikmat yang besar maupun nikmat yang kecil. Selain itu, doa ini juga memohon agar para tamu senantiasa diberikan kekuatan dan ketaatan untuk terus bersyukur kepada Allah SWT.

7. Bacaan Doa Pulang Umroh untuk Tamu agar terjaga akhlak dan perilakunya

Doa ini memohon kepada Allah SWT agar kita dan para tamu terjaga dari segi akhlak dan perilakunya agar tetap sesuai dengan ajaran Islam. Umrah bagaikan pencucian jiwa dari noda dosa, namun menjaga kesucian itu bagaikan merawat taman agar bunga-bunga budi pekerti terus mekar.

 

اللَّهُمَّ احْفَظْهُمْ بِحِفْظِكَ، وَأَيِّدْهُمْ بِنَصْرِكَ، وَقَوِّهِمْ عَلَى طَاعَتِكَ، وَاجْعَلْهُمْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ الْخَاشِعِينَ الْمُتَّقِينَ.

Allahumma ihfazhum biḥifẓika, wa ayyidhum bi-naṣrik, wa qawwīhim ‘ala ṭā’atika, wa j’alhum min ‘ibādaka al-ṣāliḥīn al-khāshi’īn al-muttaqīn.

Artinya:

“Ya Allah, jagalah mereka dengan penjagaan-Mu, dan tolonglah mereka dengan pertolongan-Mu, dan kuatkanlah mereka dalam ketaatan kepada-Mu, dan jadikanlah mereka dari hamba-hamba-Mu yang saleh, khusyuk, dan bertakwa.”

Doa ini memohon kepada Allah SWT agar para tamu dijaga akhlaknya, diberikan pertolongan dalam berbuat kebaikan, dan dikuatkan dalam ketaatan kepada Allah SWT. Selain itu, doa ini juga memohon agar para tamu menjadi hamba-hamba Allah yang saleh, khusyuk dalam ibadahnya, dan selalu bertakwa kepada Allah SWT.

Baca Juga : Bacaan Doa Terbaik untuk Orang Tua

Penutup

Tujuh bacaan doa di atas hanyalah sebagian dari doa-doa yang dapat dibacakan dalam acara syukuran kepulangan umroh. Setiap doa memiliki makna dan tujuan yang berbeda-beda, namun kesemuanya bertujuan untuk mendoakan kebaikan kita dan para tamu.

Semoga momen kepulangan umroh ini menjadi ajang untuk mempererat silaturahmi, mendoakan para tamu yang telah pulang umroh, dan memohon berkah Allah SWT kepada kita semua. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Recent Posts

  • All Post
  • Blog
  • Edukasi Islam
  • Fiqih Umroh
  • Haji
  • Info Umroh Plus
  • News
  • Review Paket Umroh
  • Review Wisata Halal
  • Tips Umroh
  • Uncategorized
  • Wisata

PT. Cahaya Raudhah

Jl. Ukong Sutaatmaja, Cigadung, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41211

© Created by Cahaya Raudhah Tour and Travel

Buka Chat
Cahaya Raudhah
Assalamualaikum

Ada yang bisa kami bantu?

Hubungi Kak Sandra (admin) untuk informasi lebih lanjut..