Blog

Blog Terbaru

Keunikan Air Zamzam dari Sudut Pandang Kesehatan dan Agama

Air zamzam adalah air yang berasal dari sumur zamzam yang terletak di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi. Air ini memiliki keistimewaan yang telah mendapat pengakuan dari berabad-abad yang lalu. artikel ini akan membahas tentang beberapa keunikan air zamzam dari segi kesehatan maupun agama.

Keunikan Air Zamzam dari Sudut Pandang Kesehatan

Dari sudut pandang kesehatan, air zamzam memiliki beberapa keunikan yang membuatnya berbeda dengan air biasa. Keunikan-keunikan air zamzam tersebut antara lain:

Kandungan mineral yang tinggi

Air zamzam memiliki kandungan mineral yang tinggi, terutama kalsium, magnesium, natrium, klorin, dan sulfat. Kandungan mineral ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti memperkuat tulang dan gigi, menjaga keseimbangan elektrolit, serta membantu proses metabolisme tubuh.

pH yang netral

Air zamzam memiliki pH yang netral, yaitu sekitar 7. pH yang netral ini baik untuk kesehatan tubuh, karena tidak terlalu asam maupun terlalu basa.

Tidak mengandung bakteri

Air zamzam tidak mengandung bakteri, bahkan setelah bertahun-tahun disimpan. Hal ini dikarenakan air zamzam memiliki kandungan garam yang tinggi, sehingga tidak cocok untuk pertumbuhan bakteri.

Memiliki struktur molekul yang unik

Penelitian yang dilakukan oleh Masaru Emoto, seorang ahli kristalografi air asal Jepang, menunjukkan bahwa air zamzam memiliki struktur molekul yang unik. Struktur molekul air zamzam berbentuk kristal yang indah dan teratur, sedangkan struktur molekul air biasa berbentuk tidak teratur.

Struktur molekul yang unik ini dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air dengan struktur molekul yang teratur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi stres, dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Manfaat Air Zamzam bagi kesehatan

Selain keunikan-keunikan di atas, air zamzam juga memiliki beberapa manfaat kesehatan yang telah dibuktikan oleh penelitian, antara lain:

Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Umm Al-Qura di Mekah, Arab Saudi, menunjukkan bahwa air zamzam dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Penelitian ini berlangsung dengan cara memberikan air zamzam kepada tikus yang terinfeksi bakteri E. coli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tikus yang meminum air zamzam memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat daripada tikus yang tidak meminum air zamzam.

Baca Juga  8 Tips Menabung dan Menyusun Rencana Keuangan Lengkap dengan Studi Kasus untuk Menunaikan Umroh bagi mahasiswa 

Membantu meredakan stres

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas King Saud di Riyadh, Arab Saudi, menunjukkan bahwa air zamzam dapat membantu meredakan stres. Penelitian ini berlangsung dengan cara memberikan air zamzam kepada orang dewasa yang sedang mengalami stres. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang meminum air zamzam memiliki tingkat stres yang lebih rendah daripada orang yang tidak meminum air zamzam.

Membantu meningkatkan penyerapan nutrisi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air zamzam dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan air zamzam kepada tikus yang sedang menjalani diet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tikus yang meminum air zamzam memiliki penyerapan nutrisi yang lebih baik daripada tikus yang tidak meminum air zamzam.

Keunikan Air Zamzam dari Sudut Pandang Agama

Dari sudut pandang agama, air zamzam juga memiliki keistimewaan yang telah mendapat pengakuan dari berbagai ulama. Keunikan-keunikan air zamzam tersebut antara lain:

Pembersih Hati Nabi Muhammad Sebelum Naik ke Langit

Keunikan air zamzam yang pertama adalah menjadi media pembersih hati Nabi Muhammad. Mungkin kisah masa kecil Nabi Muhammad yang sangat mengagumkan ini sudah familiar di telinga setiap muslim. Sebuah kisah di mana Jibril membelah dada Nabi Muhammad dan mencuci hati Nabi dengan air zamzam. Dalam sebuah hadis yang dari Imam Ahmad, Bukhari dan Muslim, kejadian itu merupakan awal dari perjalanan Nabi bersama Jibril ke langit. 

Berikut potongan hadisnya

……أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فُرِجَ سَقْفُ بَيْتِي وَأَنَا بِمَكَّةَ فَنَزَلَ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَام فَفَرَجَ صَدْرِي ثُمَّ غَسَلَهُ مِنْ مَاءِ زَمْزَمَ ثُمَّ جَاءَ بِطَسْتٍ مِنْ ذَهَبٍ مُمْتَلِئٍ حِكْمَةً وَإِيمَانًا فَأَفْرَغَهَا فِي صَدْرِي ثُمَّ أَطْبَقَهُ ثُمَّ أَخَذَ بِيَدِي فَعَرَجَ بِي إِلَى السَّمَاءِ …….

Artinya : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Atap rumahku terbuka sementara aku berada di Makkah, Jibril Alaihis Salam lalu turun dan membelah dadaku, kemudian ia mencucinya dengan air zamzam, kemudian ia membawa mangkuk besar dari emas, penuh dengan hikmah dan keimanan, lalu ditumpahkan ke dalam dadaku dan menutupnya kembali. Ia memegang tanganku dan membawaku ke langit dunia.

Baca Selengkapnya : Pembelahan Dada nabi Muhammad oleh Jubril

Dalam lanjutan Hadis tersebut menceritakan bahwa Nabi naik ke langit dunia bersama Jibril dan bertemu beberapa Nabi. Di sanalah Nabi Muhammad mendapatkan sambutan dari para nabi dengan ucapan “مَرْحَبًا بِالنَّبِيِّ الصَّالِحِ وَالِابْنِ الصَّالِحِ” yang artinya “selamat datang Nabi yang Sholeh dan anak yang sholeh”. Dari perjalanan itu Nabi muhammad mengenal beberapa Nabi dan Rasul secara langsung.

Awal Mula Disyariatkannya Sa’i sebagai Rukun Haji dan Umroh

Dalam sebuah hadis dari Ibnu Abbas, menjelaskan bahwa kota Makkah dahulunya merupakan tempat yang kosong tanpa ada kehidupan dan sangat gersang. Di sanalah Allah mengutus Nabi Ibrahim meninggalkan Siti Hajar dan Ismail yang masih menyusui sebagai ujian keimanan dari Allah. 

Baca Juga  Apa Saja Tugas Muthawif dan Tour Leader Umroh? Perbedaan, Kesamaan, dan Tugas Utama

Secara logika, tidak mungkin seorangpun dapat bertahan hidup di tempat seperti itu. Namun berbekal keimanan, Nabi Ibrahim dan Siti Hajar menjalankan perintah tersebut. Nabi Ibrahim hanya meninggalkan sebuah kantong yang berisi sedikit kurma dan air untuk istri dan anaknya lalu pergi meninggalkan mereka menuju ke Syam. Di tengah perjalanan Nabi Ibrahim membaca doa sebagai berikut untuk istri dan anaknya : 

رَبَّنَا إِنِّي أَسْكَنْتُ مِنْ ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ}، لا نَباتَ فيه {عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُوا الصَّلَاةَ}، أي: إنَّما جَعَلْتَه مُحَرَّمًا؛ ليَتَمَكَّن أهْلُه مِن إقامةِ الصَّلاةِ عِندَه، {فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ}، فاجْعَلْ جَماعاتٍ مِن النَّاسِ تَأتيهم وتَأنَسُ بهم وتُقيمُ معهم، {وَارْزُقْهُمْ مِنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ}، أي: ليَشكُروك على ما رزَقْتَهم ويَكونَ عَونًا لهم عَلى طاعتِك

Artinya : “Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanaman, dekat rumah-Mu yang dihormati, Ya Tuhan kami, (aku lakukan itu) agar mereka mendirikan salat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka, dan beri mereka rezeki dari buah-buahan, agar mereka bersyukur.”

Seiring berjalannya waktu bekal yang ditinggalkan Nabi Ibrahimpun habis. Siti Hajar dan Ismail mulai merasakan haus. Sampai saat Ismail mulai menangis. Tangisan itu semakin kencang sampai tubunya lemas seakan menghadapi kematian. Siti Hajar mulai mencari sumber air dengan berlari di antara 2 bukit shofa dan marwah. Sampai ia mendengar suara dari suatu tempat. Suara itu merupakan suara dari Jibril di tempat sumber air zamzam. Lalu Siti Hajar mencoba menghentakkan dan menggali tanah tempat sumber air zamzam itu. Rupanya galian tanah dari telapak kaki Siti Hajar telah memudahkan air zamzam untuk keluar dari seumbernya. Sejak saat itulah Nabi Ibrahim dan keluarganya dapat membangun kehidupan di kota Makkah dan berkembang terus sampai sekarang.

Sumber Kehidupan Pertama Kota Makkah

Keunikan air zamzam selanjutnya adalah menjadi sumber kehidupan pertama kota Makkah. Dari kisah keluarga Nabi Ibrahim di atas, dapat kita ambil kesimpulan lain bahwa air zamzam merupakan awal kehidupan kota Makkah. Kota yang dulunya gersang, tidak ada tanaman ataupun hewan di sana, menjadi tempat yang paling banyak mendapat kunjungan dari wisatawan mancanegara.

Oleh karena itu, Nabi pernah bersabda sebagai berikut : 

«يَرْحَمُ اللهُ أُمَّ إسْماعيلَ، لو تَرَكَتْ زَمْزَمَ – لكَانتْ زَمْزَمُ عَينًا مَعِينًا

Artinya : “Allah merahmati ibunda Nabi Ismail. jika ia meninggalkan zamzam – maka sesungguhnya zamzam adalah mata air yang menghidupi”

Baca Juga  Tips Menyusun Itinerary Traveling Syar’i untuk Pasangan Muda

Baca Juga : Keutamaan Ziarah ke Makkah dan Madinah

Air Zamzam Menjadi Obat

Keunikan air zamzam yang terakhir pada pembahasan ini adalah air Zamzam bisa menjadi obat. Dalam sebuah hadis dari Abdullah bin Abbas sebagai berikut 

فإنَّ رَسولَ اللَّهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ قالَ: الحُمَّى مِن فَيْحِ جَهَنَّمَ، فأبْرِدُوهَا بالمَاءِ. أوْ قالَ: بمَاءِ زَمْزَمَ. شَكَّ هَمَّامٌ.

Artinya : Rasulullah SAW bersabda: Demam itu berasal dari bau Neraka, maka dinginkanlah dengan air. Atau dia berkata: Dengan air Zamzam. 

Selain itu, ada sebuah kisah di mana Nabi Muhammad bertanya kepada Abu Dzar mengenai kehidupannya selama di Makkah dan siapa yang memberinya makan. Abu Dzar menjawab bahwa ia sudah sebulan tinggal di Makkah. Selama itu pula, ia mengaku tidak memiliki makanan, kecuali air zamzam. Namun demikian, Abu Dzar tidak merasakan lapar. Mendengar hal itu, Nabi berkata““Sesungguhnya air zamzam itu diberkati, sesungguhnya ia adalah makanan yang bergizi,” (H.R. Muslim 6513)

Baca Juga : Hikmah Pelaksanaan Haji dan Umroh

Analogi Air Zamzam

Air zamzam dapat kita analogikan sebagai sebuah superfood yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Superfood adalah makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Kandungan mineral yang tinggi pada air zamzam mirip dengan kandungan mineral yang ada pada superfood, seperti buah beri, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Kandungan mineral ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti memperkuat tulang dan gigi, menjaga keseimbangan elektrolit, serta membantu proses metabolisme tubuh.

pH yang netral pada air zamzam juga mirip dengan pH yang terdapat pada superfood. pH yang netral ini baik untuk kesehatan tubuh, karena tidak terlalu asam.

Tidak mengandung bakteri pada air zamzam juga mirip dengan sifat superfood yang tidak mudah rusak. Hal ini karena air zamzam memiliki kandungan garam yang tinggi, sehingga tidak cocok untuk pertumbuhan bakteri.

Struktur molekul yang unik pada air zamzam mirip dengan struktur molekul yang terdapat pada superfood. Struktur molekul yang unik ini dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Manfaat kesehatan yang telah dibuktikan oleh penelitian pada air zamzam juga mirip dengan manfaat kesehatan yang telah mendapatkan pembuktian dari penelitian pada superfood. Manfaat kesehatan ini antara lain meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi stres, dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Baca Juga : Kenapa Kita Hrus Umroh?

Kesimpulan : Keunikan Air Zamzam

Air zamzam adalah air yang istimewa, baik dari sudut pandang kesehatan maupun agama. Air ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, pH yang netral, tidak mengandung bakteri, dan struktur molekul yang unik. Keunikan-keunikan ini menjadikan air zamzam sebagai air yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Air zamzam dapat kita analogikan sebagai sebuah superfood yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.  Dapat dikonsumsi oleh siapa saja, baik orang dewasa, anak-anak, maupun orang tua. Air zamzam juga dapat dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menderita penyakit, karena air zamzam memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit.

Berkat air zamzam, Masjidil Haram menjadi tempat yang suci dan diberkahi oleh Allah SWT.

Dapatkan Paket umroh terbaik dengan fasilitas dan harga terbaik dari Cahaya Raudhah. Mulai dari paket umroh reguler, paket umroh plus, haji plus, dan haji furoda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Recent Posts

  • All Post
  • Blog
  • Edukasi Islam
  • Fiqih Umroh
  • Haji
  • Info Umroh Plus
  • News
  • Review Paket Umroh
  • Review Wisata Halal
  • Tips Umroh
  • Uncategorized
  • Wisata

PT. Cahaya Raudhah

Jl. Ukong Sutaatmaja, Cigadung, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41211

© Created by Cahaya Raudhah Tour and Travel

Buka Chat
Cahaya Raudhah
Assalamualaikum

Ada yang bisa kami bantu?

Hubungi Kak Sandra (admin) untuk informasi lebih lanjut..