Blog

Blog Terbaru

Pilih Haji atau Umroh Dulu? Panduan Lengkap untuk Memutuskan Pilihan Tepat

HajiBagi umat Islam, menunaikan ibadah haji dan umrah merupakan dambaan yang tak terkira. Namun, dihadapkan dengan pilihan antara haji atau umroh dulu, banyak yang merasa bimbang. Pertanyaan ini terus berputar di benak, manakah yang lebih afdhol dan sesuai dengan kondisi diri?

Artikel ini hadir untuk membantu Anda menjawab kebimbangan tersebut. Kami akan mengupas tuntas berbagai pertimbangan penting yang perlu Anda cermati.

Kondisi yang Mungkin Dihadapi:

Sebelum menyelami pembahasan, mari kita lihat beberapa kondisi yang mungkin dihadapi setiap orang:

  • Kemampuan Finansial Terbatas: Bagi sebagian orang, biaya haji yang terbilang besar menjadi kendala utama. Hal ini membuat mereka mempertanyakan apakah lebih baik haji atau umroh dulu.
  • Kuota Haji yang Panjang: Masa tunggu haji di Indonesia terbilang lama, bisa mencapai puluhan tahun. Hal ini membuat beberapa orang ingin berangkat umrah terlebih dahulu untuk merasakan pengalaman di Tanah Suci.
  • Usia yang Sudah Lanjut: Usia menjadi pertimbangan penting dalam memilih haji atau umroh dulu. Bagi yang sudah lanjut usia, umrah mungkin menjadi pilihan yang lebih realistis karena kondisi fisik yang lebih prima.
  • Keinginan untuk Beribadah Segera: Bagi yang memiliki kerinduan kuat untuk beribadah di Tanah Suci, pertanyaan haji atau umroh dulu mungkin muncul karena ingin merasakan pengalaman spiritual secepat mungkin.

Memilih Haji atau Umroh Dulu: Pertimbangan Matang adalah Kuncinya

Memutuskan haji atau umroh dulu bukan perkara mudah. Perlu pertimbangan matang dan komprehensif agar Anda tidak salah langkah. Berikut beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:

1. Kewajiban vs Sunnah:

Haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan sekali seumur hidup bagi yang mampu. Sedangkan umrah adalah ibadah sunnah yang bisa dilakukan berulang kali. Namun MUI sendiri memperbolehkan umroh dulu sebelum haji dengan pertimbangan antrian haji yang terlalu panjang. Para ulama bersandar pada sebuah hadis ang diriwayatkan oleh Ikrimah. yang artinya sebagai berikut : 

Baca Juga  8 Tips Menabung dan Menyusun Rencana Keuangan Lengkap dengan Studi Kasus untuk Menunaikan Umroh bagi mahasiswa 

“Bahwa umrah di bulan Ramadhan itu setara haji dalam pahalanya saja, bukan berarti umrah dapat menggantikan haji sehingga kewajiban haji dapat gugur karena ulama telah sepakat (ijma) bahwa umrah tidak dapat menggugurkan kewajiban haji.” (Ibnu Hajar al-Asqalani, Fath al-Bari, juz 3, hlm 604)

2. Kemampuan Finansial:

Biaya haji umumnya lebih mahal daripada umrah. Pertimbangkan kemampuan menabung dan pastikan Anda memiliki dana yang cukup untuk membiayai seluruh perjalanan.

Jika anda ingin menunaikan haji dengan antrian yang tidak terlalu panjang, anda bisa mengikuti program haji plus. Harga dari paket haji plus ini berkisar 200 hingga 300 juta per orang. Jauh lebih mahal jika kita bandingkan dengan biaya umroh yang lebih murah. yaitu sekitar 27 – 40 juta tergantung fasilitas yang akan anda dapatkan.

3. Kondisi Fisik:

Perimbangan yang lain untuk memilih haji atau umroh dulu adalah kondisi fisik. Haji membutuhkan kondisi fisik yang lebih prima karena ritualnya yang lebih berat. Umrah bisa menjadi alternatif bagi yang memiliki keterbatasan fisik.

4. Kuota Haji:

Jika Anda ingin berangkat dalam waktu dekat, umrah bisa menjadi pilihan. Sedangkan jika Anda tidak terburu-buru dan ingin merasakan ibadah haji yang lengkap, sebaiknya mendaftar haji terlebih dahulu. Namun jika Anda ada dana untuk mengikuti paket haji plus, ada baiknya anda melaksanakan haji plus. Ketahui Keuntungan Paket Haji Plus

5. Keinginan dan Prioritas:

Pertimbangan menunaikan haji atau umroh dulu yang bisa kami sarankan adalah perihal keinginan dan prioritas. Pertimbangkan keinginan dan prioritas Anda dalam beribadah. Apakah Anda ingin merasakan pengalaman haji yang lengkap atau ingin beribadah di Tanah Suci secepat mungkin?

Meminimalisir Risiko:

  • Musim Haji: Musim haji identik dengan kepadatan jamaah, risiko kesehatan, dan cuaca ekstrem. Umrah bisa menjadi pilihan di luar musim haji.
  • Kondisi Politik: Pertimbangkan situasi politik di Arab Saudi saat menentukan waktu keberangkatan.
Baca Juga  15 Alasan untuk Berwisata ke Qatar: Perpaduan Budaya Islam Modern, Ekonomi, Pariwisata, dan Edukasi

Tips Memilih Haji atau Umroh Dulu:

  • Konsultasikan dengan pemuka agama atau biro perjalanan haji dan umrah terpercaya.
  • Lakukan riset dan perbandingan biaya, akomodasi, dan layanan dari berbagai biro perjalanan.
  • Pertimbangkan untuk mengikuti program haji atau umrah bersubsidi dari pemerintah.
  • Prioritaskan kesehatan dengan menjaga pola makan, olahraga, dan istirahat yang cukup.
  • Siapkan mental dan spiritual untuk melaksanakan ibadah dengan penuh khusyuk.

Kesimpulan: Haji atau Umroh Dulu?

Memilih haji atau umroh dulu merupakan keputusan personal yang perlu dipertimbangkan dengan matang. Tidak ada jawaban yang mutlak benar atau salah. Pertimbangkan semua faktor dengan cermat dan pilihlah opsi yang paling sesuai dengan kemampuan, keinginan, dan prioritas Anda.

Ingatlah:

  • Baik haji maupun umrah adalah ibadah yang mulia dan memiliki pahala yang besar.
  • Niat yang tulus dan persiapan yang matang menjadi kunci utama dalam melaksanakan ibadah ini.

Layanan Kami:

Biro perjalanan haji dan umrah kami siap membantu Anda dalam memilih haji atau umroh dulu. Kami menyediakan berbagai paket haji dan umrah dengan harga terjangkau dan layanan terbaik. Kunjungi halaman “Layanan Kami” untuk informasi lebih lanjut.

Mari wujudkan impian Anda untuk beribadah di Tanah Suci bersama kami!

Klik tombol Whatsapp sekarang untuk mendapatkan konsultasi gratis dan informasi lebih lanjut tentang paket haji dan umrah kami.

Kunjungi :

Tugas Tour Leader dan Muthawwif Umroh

Travel Haji dan Umroh Jawa Barat

https://www.kompasiana.com/

Travel Umroh Subang, Travel Umroh Tasikmalaya, Travel Umroh Karawang, Travel Umroh Pemalang, Travel Umroh Indramayu, Travel Umroh Garut, Travel Umroh Purwakarta, Travel Umroh Sukabumi, Travel Umroh Sumedang, Travel Umroh Cianjur, Wisata Halal Dunia, Doa Kepulangan Umroh untuk Tamu

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Recent Posts

  • All Post
  • Blog
  • Edukasi Islam
  • Fiqih Umroh
  • Haji
  • Info Umroh Plus
  • News
  • Review Paket Umroh
  • Review Wisata Halal
  • Tips Umroh
  • Uncategorized
  • Wisata

PT. Cahaya Raudhah

Jl. Ukong Sutaatmaja, Cigadung, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41211

© Created by Cahaya Raudhah Tour and Travel

Buka Chat
Cahaya Raudhah
Assalamualaikum

Ada yang bisa kami bantu?

Hubungi Kak Sandra (admin) untuk informasi lebih lanjut..