Blog

Blog Terbaru

Tips Traveling syar’i dan Islami untuk Keluarga

Traveling syar’i dan Islami – Menjelajahi dunia merupakan pengalaman berharga yang tak terlupakan. Tak hanya memanjakan mata dan hati, traveling juga membuka wawasan dan memperkuat rasa syukur atas ciptaan Allah SWT. Namun, bagi keluarga Muslim, traveling tak hanya tentang bersenang-senang, tetapi juga tentang menjalankan syariat Islam dengan penuh ketaatan.

Membuat traveling syar’i dan Islami untuk keluarga tak sesulit yang dibayangkan. Berikut tips traveling syar’i dan Islami untuk keluarga yang bisa Anda jadikan panduan:

Perencanaan Matang: Kunci Kesuksesan Traveling syar’i dan Islami

Pilih Destinasi yang Tepat:

Memilih destinasi yang tepat merupakan langkah awal yang krusial dalam traveling syar’i dan Islami. Prioritaskan destinasi yang ramah keluarga dan sesuai nilai-nilai Islam.

Sebagai contoh, Lombok terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa dan penduduknya yang ramah. Di sini, Anda dapat mengunjungi Masjid Kuno Bayan Belek, Pantai Senggigi, dan Gunung Rinjani. Masjid Kuno Bayan Belek merupakan salah satu masjid tertua di Lombok yang memiliki arsitektur unik dan kaya akan sejarah Islam. Pantai Senggigi menawarkan panorama laut yang indah dan berbagai aktivitas wisata menarik. Gunung Rinjani, gunung berapi tertinggi di Indonesia, menantang para pendaki untuk menaklukkan puncaknya dan menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.

Pastikan Ketersediaan Masjid dan Restoran Halal:

Ketersediaan masjid dan restoran halal merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Pastikan masjid mudah diakses di lokasi tujuan, seperti di pusat kota atau dekat dengan tempat wisata. Riset tentang restoran halal di sekitar tempat wisata agar mudah menemukan makanan yang sesuai dengan syariat Islam.

Baca Juga  12 Rekomendasi Wisata Uni Emirat Arab untuk Liburan Keluarga

Di Yogyakarta, misalnya, terdapat Masjid Sultan yang megah dan bersejarah, serta Masjid Raya Yogyakarta yang terkenal dengan arsitekturnya yang indah. Kedua masjid ini mudah diakses dan selalu ramai dikunjungi oleh para jamaah. Untuk pilihan makanan halal, Yogyakarta menawarkan berbagai kuliner khas seperti gudeg, sate, dan bakso yang tersedia di restoran-restoran halal.

Pilih Tempat Wisata Edukatif yang Sarat Nilai Islam:

Tak hanya bersenang-senang, traveling syar’i dan Islami juga bisa menjadi momen edukatif bagi keluarga. Pilihlah tempat wisata yang sarat nilai Islam, seperti museum sejarah Islam, situs bersejarah Islam, atau taman edukasi Islam.

Di Bandung, Anda dapat mengunjungi Museum Geologi Bandung yang menyimpan berbagai koleksi fosil dan batu mulia. Museum ini juga memiliki galeri yang menceritakan sejarah Islam di Jawa Barat. Pilihan lain adalah Saung Angklung Udjo, sebuah tempat wisata edukasi budaya yang mengenalkan alat musik tradisional Sunda, angklung. Di sini, Anda dan keluarga dapat belajar memainkan angklung dan mempelajari sejarah budayanya.

Riset Budaya dan Tradisi Setempat:

Menghormati budaya dan tradisi setempat merupakan bagian penting dalam traveling syar’i dan Islami. Riset tentang budaya dan tradisi setempat sebelum Anda berangkat agar dapat bersikap sopan dan menghormati adat istiadat. Pelajari frasa bahasa dasar setempat untuk memudahkan komunikasi.

Rencanakan Jadwal Ibadah:

Membuat jadwal ibadah yang teratur merupakan kunci untuk menjaga ketaatan selama traveling. Gunakan aplikasi sholat atau peta masjid untuk mengetahui waktu sholat di lokasi tujuan. Atur itinerary agar tidak mengganggu waktu sholat. Bawalah sajadah dan mukena untuk beribadah di mana pun.

Siapkan Makanan Halal:

Menyiapkan makanan halal sendiri merupakan pilihan yang aman dan praktis. Bawalah makanan dan minuman ringan halal seperti roti, biskuit, buah-buahan, dan air mineral. Anda juga bisa membawa makanan siap saji yang sudah dihangatkan sebelumnya.

Cari Informasi Restoran Halal:

Jika ingin makan di luar, cari informasi restoran halal di sekitar tempat wisata. Download aplikasi pencari makanan halal untuk kemudahan. Banyak restoran di Indonesia yang menyediakan menu halal, seperti nasi goreng, mie goreng, dan sate. Pastikan untuk menanyakan kepada pelayan restoran tentang kehalalan bahan-bahan yang digunakan.

Baca Juga  Tips Pola Makan Sehat Selama Umroh: Pilihan Menu yang Tepat

Perhatikan Pakaian:

Memperhatikan pakaian merupakan hal penting dalam traveling syar’i dan Islami. Kenakan pakaian sopan dan menutup aurat sesuai syariat Islam. Sesuaikan pakaian dengan cuaca di lokasi tujuan. Bawalah pakaian muslimah/muslimah yang nyaman dan mudah diganti.

Selama Perjalanan: Menjaga Ketaatan dan Keharmonisan

Jaga Sholat dan Doa:

Menjaga sholat dan doa merupakan kewajiban bagi umat Islam. Selalu sholat lima waktu tepat waktu, di mana pun Anda berada. Bawalah buku doa untuk mempermudah Anda dalam berdoa. Ajarkan anak-anak tentang pentingnya sholat dan doa agar mereka dapat terbiasa dengan berdoa dan sholat.

Bersikap Ramah dan Sopan:

Menunjukkan akhlak mulia Islam dengan bersikap ramah dan sopan merupakan hal yang penting dalam traveling. Hormati budaya dan tradisi setempat. Ajarkan anak-anak tentang etika berperilaku yang baik agar mereka dapat menjadi teladan bagi orang lain.

Jaga Kebersihan:

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar merupakan bagian dari syariat Islam. Buanglah sampah pada tempatnya. Ajarkan anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan agar mereka dapat menjaga lingkungan dengan baik.

Manfaatkan Waktu dengan Baik:

Gunakan waktu liburan bersama keluarga untuk memperkuat hubungan. Lakukan aktivitas yang menyenangkan dan bermanfaat, seperti bermain bersama, berenang, atau menjelajahi alam. Kunjungi tempat-tempat bersejarah dan budaya Islam untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

Tips Tambahan:

  • Libatkan anak-anak dalam perencanaan perjalanan agar mereka merasa dihargai dan bertanggung jawab.
  • Bawalah buku cerita Islami atau permainan edukatif untuk anak-anak agar mereka tidak bosan selama perjalanan.
  • Manfaatkan waktu luang untuk belajar tentang Islam dan budaya setempat agar dapat memperkaya pengetahuan dan pengalaman.
  • Berikan sedekah kepada yang membutuhkan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan.
  • Dokumentasikan perjalanan Anda dengan foto dan video untuk dijadikan kenangan indah yang tak terlupakan.

Wisata Halal: Membuka Pintu Petualangan syar’i dan Islami

Menjelajahi dunia tak harus menjauh dari syariat Islam. Dengan tips traveling syar’i dan Islami di atas, Anda dan keluarga dapat menikmati keindahan dunia dengan penuh makna dan ketaatan.

Baca Juga  Rekomendasi Tempet Wisata Religi di Turki yang Penuh Sejarah

Kunjungi halaman Wisata Halal kami untuk melihat layanan wisata halal yang kami sediakan untuk anda. Anda tidak perlu pusing merangcang agenda wisata yang sesuai syariah jika mempercayakan perjalanan anda kepada kami.

Mari ciptakan kenangan indah dan tak terlupakan bersama keluarga dalam traveling syar’i dan Islami!

Tips Traveling syar’i dan Islami untuk Keluarga ini hanyalah panduan awal. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan preferensi keluarga Anda. Yang terpenting adalah selalu menjaga ketaatan dan keharmonisan selama perjalanan.

Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda dan keluarga!

Kunjungi :

Travel Umroh Jawa BaratTravel Umroh SubangTravel Umroh Tasikmalaya, Travel Umroh KarawangTravel Umroh PemalangTravel Umroh IndramayuTravel Umroh GarutTravel Umroh Purwakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Recent Posts

  • All Post
  • Blog
  • Edukasi Islam
  • Fiqih Umroh
  • Haji
  • Info Umroh Plus
  • News
  • Review Paket Umroh
  • Review Wisata Halal
  • Tips Umroh
  • Uncategorized
  • Wisata

PT. Cahaya Raudhah

Jl. Ukong Sutaatmaja, Cigadung, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41211

© Created by Cahaya Raudhah Tour and Travel

Buka Chat
Cahaya Raudhah
Assalamualaikum

Ada yang bisa kami bantu?

Hubungi Kak Sandra (admin) untuk informasi lebih lanjut..