Blog

Blog Terbaru

Doa Minum Air Zamzam untuk Obat dan untuk Menyembuhkan Penyakit

Melanjutkan pembahasan sebelumnya tentang air Zamzam, kali ini kami akan membahsa lebih detail tentang doa minum air Zamzam untuk obat atau untuk menyembuhkan penyakit. Pada artikel sebelumnya kami telah membahas mengenai beberapa keunikan air zamzam dari sudut pandang kesehatan maupun agama.

Pembahasan ini akan membahas beberapa hal. Seperti pembahasan singkat manfaat air zamzam untuk kesehatan, adab dan tata cara minum air Zamzam sesuai sunnah Nabi, dan doa minum air zamzam untuk obat.

Manfaat Air Zamzam untuk Kesehatan

Pada pembahasan sebelumnya kami sudah memaparkan beberapa kandungan yang ada pada air zamzam. Kali ini mungkin kami hanya akan mengulang kembali secara lebih ringkas.

Pada intinya, air zamzam mengandung beberapa mineral penting. Seperti, kalsium, magnesium, natrium, klorin, dan sulfat. Selain itu Air zamzam memiliki pH yang netral, sehingga sangat baik untuk tubuh. Di sisi lain, Air Zamzam juga tidak mengandung bakteri. Hal itu dikarenakan kadar garam yang cukup tinggi sehingga membuat bakteri sulit berkembang

Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi Air Zamzam

1. Mencegah dehidrasi

Air zamzam dapat membantu mencegah dehidrasi karena kandungan mineralnya yang tinggi. Dehidrasi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kelelahan, sakit kepala, dan gangguan pencernaan.

2. Memperkuat tulang dan gigi

Kandungan kalsium yang tinggi dalam air zamzam dapat membantu memperkuat tulang dan gigi. Kalsium merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat.

3. Mencegah kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air zamzam memiliki efek antikanker. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan yang tinggi dalam air zamzam. Antioksidan berperan penting dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga  Pelajari Sunnah Rasulullah Ketika Berbuka Puasa

4. Mencegah gigi berlubang

Kandungan mineral yang tinggi dalam air zamzam dapat membantu mencegah gigi berlubang. Mineral ini membantu menetralkan asam yang dapat merusak gigi.

5. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang ditandai dengan berkurangnya kepadatan tulang. Kandungan kalsium dan magnesium yang tinggi dalam air zamzam dapat membantu mencegah osteoporosis.

6. Melancaran pencernaan

Kandungan bikarbonat yang tinggi dalam air zamzam dapat membantu menetralkan asam lambung. Hal ini dapat membantu mencegah asam lambung naik dan gangguan pencernaan lainnya.

7. Mencegah infeksi

Kandungan mineral yang tinggi dalam air zamzam dapat membantu mencegah infeksi. Mineral ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Membantu mengontrol tekanan darah

Kandungan mineral yang seimbang dalam air zamzam dapat membantu mengontrol tekanan darah.

Baca Juga : Doa Kepulangan Umroh untuk Tamu

Dalil Manfaat Air Zamzam

Selain dari sisi medis, air zamzam juga memiliki manfaat spiritual. Dalam hadis Nabi Muhammad, disebutkan bahwa air zamzam memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

Menjadi makanan baik dan penyembuh untuk penyakit

Dalam hadis riwayat Muslim, disebutkan bahwa air zamzam dapat menjadi makanan yang mengenyangkan. Hal ini berarti bahwa air zamzam dapat memberikan energi bagi tubuh. Sesuai dengan hadis Nabi yang mengatakan bahwa Air Zmazam merupakan salah satu makanan yang mengenyangkan. Dalam hal ini Abu Daud menambahkan bahwa Air Zamzam juga menjadi penyembuh bagi setiap penyakit. Berikut hadisnya: 

عن رسول الله ﷺ أنه قال: إنها مباركة، وإنها طعام طعم

 

Artinya : Dari Rasulullah SAW, Beliau berkata “Sesungguhnya itu (Air Zamzam) mengandung berkah, sesungguhnya ia adalah makanan yang mengenangkan” (H.R Muslim)

 

Dalam Sunan Abu Daud, beliau menambahkan kalimat وشفاء سقم dalam hadis tersebut. Yang berarti penyembuh bagi penyakit.

Menjadi obat penyakit

Dalam hadis riwayat Al-Baihaqi, disebutkan bahwa air zamzam dapat menjadi obat penyakit. Hal ini berarti bahwa air zamzam dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Selain itu, dar Abdullah bin Abbas menyampaikan : 

Baca Juga  6 Tips dan Cara Instan Mengatasi Jetlag

فإنَّ رَسولَ اللَّهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ قالَ: الحُمَّى مِن فَيْحِ جَهَنَّمَ، فأبْرِدُوهَا بالمَاءِ. أوْ قالَ: بمَاءِ زَمْزَمَ. شَكَّ هَمَّامٌ.

 

Artinya : Rasulullah SAW bersabda: Demam itu berasal dari bau Neraka, maka dinginkanlah dengan air. Atau dia berkata: Dengan air Zamzam. (H.R. Bukhari : 3263)

Air zamzam merupakan air suci yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Baik dari sisi medis maupun spiritual, air zamzam dapat memberikan banyak kebaikan bagi umat Islam

Baca Juga : Bacaan Doa Terbaik untuk Orang Tua saat Umroh

Adab Meminum Air Zamzam 

Sebelum membahas doa meminum air zamzam untuk obat lebih lanjut, ada baiknya kita mengetahui adab yang dicontohkan Rasulullah dalam meminum air Zamzam terutama jika ingin menggunakannya sebagai obat. Adab atau tata cara meminum air Zamzam sendiri ada pada hadis berikut

 إذا شربت منها فاستقبل القبلة، واذكر اسم الله، وتنفس ثلاثا، وتضلع منها، فإذا فرغت فاحمد الله عز وجل، فإن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: إن آية ما بيننا وبين المنافقين أنهم لا يتضلعون من زمزم

.

Artinya : “Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Jika engkau minum air zamzam, maka hadaplah kiblat, sebutlah nama Allah, tariklah nafas tiga kali, dan minumlah sampai penuh perutmu. Jika engkau sudah selesai, maka pujilah Allah. Sesungguhnya tanda antara kami dan orang-orang munafik adalah mereka tidak minum air zamzam sampai penuh perut mereka.” (H.R. Ibnu Maajah)

Hadis di atas menjelaskan 5 tahapan dalam meminum air zamzam. berikut tahapannya : 

  1. Menghadap kiblat
  2. Menyebut nama Allah atau membaca Basmalllah
  3. Tarik nafas sebanya 3 kali dengan tujuan menenangkan diri dan membersihkan tenggorokan sebelum meminum air Zamzam
  4. Minum hingga perut penuh
  5. Jika sudah selesai, bacalah pujuan pada Allah atau bacalah Hamdalah

Sedangkan untuk masalah posisi meminum air zamzam, bisa dilakukan dalam dua kondisi. Yaitu berdiri dan duduk. Rasulullah sendiri pernah meminum air zamzam dengan berdiri menurut hadis berikut

 

عن ابن عباس أن النبي صلى الله عليه وسلم شرب من دلو من زمزم قائما 

Baca Juga  Apa Saja Keuntungan Paket Haji Plus yang Akan Anda Dapatkan?

Artinya : Dari Ibnu Abbas, Sesungguhnya Rasulullah SAW minum dari tempat minum air zamzam dengan berdiri (H.R Ahmad : 1903)

Namun di sisi lain, Rasulullah juga melarang kita untuk minum sambil berdiri berdasarkan hadis berikut : 

 

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: “لا تشربن أحدكم قائما

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Janganlah kalian minum sambil berdiri, maka barangsiapa yang lupa, maka hendaklah ia memuntahkannya.”

Doa Minum Air Zamzam untuk Obat atau Menyembuhkan Penyakit

Setalah kita mengetahui beberapa manfaat Air Zamzam untuk kesehatan sekaligus mengetahu adab dan tata cara meminum air zamzam, kini saatny kita membahas tentang doa apa yg bisa kita baca untuk mendapatkan obat dari meminum air zamzam.

Doa meminum air zamzam untuk obat atau menyembuhkan penyakit ini kami dasari dengan sebuah hadis yang menyatakan bahwa 

ماء زمزم لما شرب له

 

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Air zamzam adalah untuk apa yang ia tujukan.” (H.R. Ibnu Majah : 3062)

Hadis ini menunjukkan bahwa air zamzam memiliki khasiat yang berbeda-beda, tergantung pada niat orang yang meminumnya.

Berikut adalah beberapa contoh khasiat air zamzam:

  1. Jika diminum untuk menghilangkan rasa haus, maka air zamzam akan menghilangkan rasa haus tersebut.
  2. Jika diminum untuk menyembuhkan penyakit, maka air zamzam akan menyembuhkan penyakit tersebut.
  3. Jika diminum untuk memohon sesuatu kepada Allah, maka Allah akan mengabulkan permohonan tersebut.

Dari hadis di atas dapat kita simpulkan bahwa dalam meminum air zamzam, kita dianjurkan berdoa untuk setaip hajat yang kita miliki. Sedangkan untuk doa meminum air zamzam untuk doa tidak berbeda dengan doa meminum air zamzam pada umumnya. Namun kita meniatkan dalam hati untuk meminta kesembuhan dari Allah melalui wasilah air zamzam.

Berikut bacaan doa meminum air zamzam yang diajarkan Rasulullah SAW : 

للهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا وَاسِعًا، وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ، وَسَقَامٍ

Allahumma inni as’aluka ‘ilman nafi’an wa rizqan wasi’an wa shifa’an min kulli da’in wa saqamin

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan kesembuhan dari segala penyakit.

Baca Juga : Keunikan Air Zamzam dari Sudut Pandang Kesehatan dan Agama

Baca Juga : Mengatasi Panas Matahari saat Umroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Recent Posts

  • All Post
  • Blog
  • Edukasi Islam
  • Fiqih Umroh
  • Haji
  • Info Umroh Plus
  • News
  • Review Paket Umroh
  • Review Wisata Halal
  • Tips Umroh
  • Uncategorized
  • Wisata

PT. Cahaya Raudhah

Jl. Ukong Sutaatmaja, Cigadung, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41211

© Created by Cahaya Raudhah Tour and Travel

Buka Chat
Cahaya Raudhah
Assalamualaikum

Ada yang bisa kami bantu?

Hubungi Kak Sandra (admin) untuk informasi lebih lanjut..