Blog

Blog Terbaru

Menu Makanan yang Bagus untuk Hidangan Sahur dan Berbuka Puasa

Puasa Ramadhan merupakan momen spiritual yang dinanti-nanti umat Muslim di seluruh dunia. Selain menahan lapar dan haus, penting untuk memilih menu makanan yang tepat untuk sahur dan berbuka puasa. Menu yang ideal haruslah bergizi seimbang dan mampu menyediakan energi sebelum berpuasa. Sekaligus mengembalikan energi tubuh setelah seharian berpuasa.

Berikut beberapa menu makanan yang bagus untuk berbuka puasa:

1. Kurma

Buah kurma identik dengan bulan Ramadhan dan menjadi pilihan populer untuk berbuka puasa. Kurma kaya akan serat, gula alami, dan elektrolit yang membantu menyediakan energi sebelum berpuasa. Sekaligus mengembalikan energi dan hidrasi tubuh dengan cepat. Sebuah studi di Inggris yang diterbitkan dalam jurnal “Nutrition and Metabolism” menunjukkan bahwa konsumsi kurma dapat meningkatkan kadar gula darah dan energi secara signifikan. Oleh karena itu kurma menjadi salah satu makanan yang bagus untuk berbuka puasa.

2. Buah-buahan

Makanan yang bagus untuk sahur dan berbuka puasa selanjutnya adalah buah-buahan. Buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Pilihan buah-buahan yang baik untuk sahur dan berbuka puasa antara lain semangka, melon, pepaya, dan apel. Buah-buahan ini mengandung banyak air sehingga membantu menghidrasi tubuh sebelum atau setelah berpuasa.

3. Sup

Hidangan Sup merupakan pilihan yang tepat untuk menghangatkan perut dan mengenyangkan. Sup ayam, sup sayur, atau sup ikan kaya akan protein dan vitamin yang membantu tubuh pulih setelah berpuasa. Sebuah penelitian di Indonesia yang diterbitkan dalam jurnal “Jurnal Gizi dan Pangan” menunjukkan bahwa konsumsi sup ayam saat berbuka puasa dapat meningkatkan kadar protein dan energi secara signifikan. Maka dari itu, anda bisa menjadikan sup sebagaii hidangan makanan buka puasa yang bagus.

Baca Juga  Bacaan Doa Terbaik untuk Orang Tua dan Tata Cara Berdoa

4. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, atau oatmeal membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Pilihlah karbohidrat kompleks yang kaya akan serat untuk membantu pencernaan. Nutrisi ini sangat bagus jika kita konsumsi ketika sahur dan berbuka puasa.

5. Protein

Protein penting untuk membangun dan memelihara massa otot. Pilihan protein yang baik untuk sahur dan berbuka puasa antara lain ayam, ikan, tempe, dan tahu. Sebuah penelitian di Amerika yang diterbitkan dalam jurnal “The American Journal of Clinical Nutrition” menunjukkan bahwa konsumsi protein dapat membantu menjaga massa otot dan meningkatkan rasa kenyang. Oleh karena itu kita sangat membutuhkan asupan protein yang cukup selama berpuasa.

Tips Memilih Menu Makanan Berbuka Puasa

Berikut beberapa tips memilih menu makanan berbuka puasa:

  • Pilihlah makanan yang bergizi seimbang. 

Pastikan menu makanan Anda mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Tujuannya adalah agar kebutuhan asupan yang tidak terpenuhi selama berpuasan dapat tergantikan sesegera mungkin.

  • Hindari makanan yang terlalu tinggi gula, lemak, dan garam. 

Makanan yang terlalu tinggi gula, lemak, dan garam dapat menyebabkan dehidrasi dan meningkatkan risiko penyakit kronis.

  • Minum air putih yang cukup. 

Air putih sangat penting untuk menghidrasi tubuh setelah seharian berpuasa.

  • Makan dengan perlahan dan perhatikan porsi makan.

Makan dengan perlahan membantu Anda merasa lebih kenyang dan mencegah makan berlebihan.

Dengan memilih menu makanan yang tepat dan mengikuti tips di atas, Anda dapat berbuka puasa dengan sehat dan berenergi.

Kunjugngi : 

Travel Umroh Subang

Umroh Jawa Barat

https://www.sciencedirect.com/journal/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Recent Posts

  • All Post
  • Blog
  • Edukasi Islam
  • Fiqih Umroh
  • Haji
  • Info Umroh Plus
  • News
  • Review Paket Umroh
  • Review Wisata Halal
  • Tips Umroh
  • Uncategorized
  • Wisata

PT. Cahaya Raudhah

Jl. Ukong Sutaatmaja, Cigadung, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41211

© Created by Cahaya Raudhah Tour and Travel

Buka Chat
Cahaya Raudhah
Assalamualaikum

Ada yang bisa kami bantu?

Hubungi Kak Sandra (admin) untuk informasi lebih lanjut..