Blog

Blog Terbaru

6 Tips dan Cara Instan Mengatasi Jetlag

Jet lag adalah gangguan tidur yg awam dialami oleh orang yg melakukan bepergian melintasi zona waktu. gejala jet lag dapat berupa kelelahan, insomnia, perubahan nafsu makan, sakit kepala, dan gangguan pencernaan. Pembahasan kali ini akan menyampaikan soal tips dan cara instan mengatasi jet lag yg menghambat aktivitas anda.

dalam artikel ini, saya akan memberikan tips mengatasi jet lag secara instan yang mampu anda coba. Tips-tips ini jua sudah saya rancang supaya mudah dipahami serta ramah bagi anak muda.

Pengertian Jet Lag

Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut tentang cara instan mengatasi jetlag, ada baiknya kita mengerti dulu apa itu jet lag. berikut pembahasannya.

Jet lag ialah gangguan tidur yg disebabkan oleh perubahan ritme sirkadian tubuh. Ritme sirkadian artinya pola alami tubuh yang mengatur ritme tidur, makan, serta kegiatan lainnya. saat kita melakukan perjalanan melintasi zona waktu, tubuh kita akan mengalami perubahan ritme sirkadian. Hal ini karena tubuh kita masih terbiasa menggunakan ritme pada zona waktu asal.

contohnya, Bila kita terbang dari Jakarta ke London, kita akan mengalami jet lag sebab perbedaan zona waktu yg cukup jauh. waktu di Jakarta ialah WIB, sedangkan saat di London ialah GMT. disparitas zona saat antara Jakarta serta London ialah 6 jam. artinya, Bila kita terbang dari Jakarta ke London pada pukul 09.00 WIB, kita akan datang di London pada pukul 15.00 GMT.

waktu tiba di London, tubuh kita masih terbiasa dengan waktu di Jakarta, yaitu pukul 21.00 WIB. Hal ini menyebabkan kita akan merasa lelah dan insomnia di malam hari.

Baca Juga  Apa saja Persiapan Umroh di Musim Dingin?

Baca Juga : Rekomendasi wisata kuliner Favorit Turki

Penyebab Jet Lag

Sekaran saatnya kita membahas ihwal apa sih penyebab asal jet lag itu? pembahasan ini krusial supaya anda bisa tahu cara kerja jet lag sendiri. terdapat beberapa faktor yang dapat mengakibatkan jet lag, diantaranya:

Perbedaan Zona Waktu yg Jauh

perbedaan zona waktu yang jauh ialah faktor yg paling berpengaruh terhadap terjadinya jet lag. Semakin jauh perbedaan zona waktu, semakin lama tubuh membutuhkan waktu buat menyesuaikan diri.

misalnya, Jika Anda terbang dari Jakarta ke Los Angeles, perbedaan zona waktunya adalah 12 jam. artinya, Bila Anda terbang dari Jakarta ke Los Angeles pada pukul 09.00 WIB, Anda akan tiba di Los Angeles di pukul 21.00 waktu setempat.

di saat datang di Los Angeles, tubuh Anda masih terbiasa menggunakan waktu di Jakarta, yaitu pukul 09.00 WIB. Hal ini menyebabkan Anda akan merasa lelah serta insomnia di malam hari.

Durasi Perjalanan yg Panjang

Durasi bepergian yg panjang juga bisa memperburuk gejala jet lag. Hal ini karena tubuh Anda akan mengalami stres akibat perubahan lingkungan dan pola makan selama perjalanan.

misalnya, Jika Anda melakukan bepergian menggunakan pesawat selama 12 jam, tubuh Anda akan mengalami stres dampak perubahan lingkungan serta pola makan selama bepergian. Hal ini bisa memperburuk gejala jet lag, mirip kelelahan, insomnia, dan perubahan nafsu makan.

Perubahan Jadwal Tidur dan Makan

Perubahan jadwal tidur serta makan juga bisa mengakibatkan jet lag. Hal ini sebab tubuh Anda akan mengalami perubahan pola alaminya.

misalnya, Bila Anda terbang dari Jakarta ke London, perbedaan zona waktunya ialah 6 jam. artinya, Bila Anda terbang dari Jakarta ke London di pukul 09.00 WIB, Anda akan datang di London di pukul 15.00 GMT.

waktu datang pada London, tubuh Anda masih terbiasa dengan waktu di Jakarta, yaitu pukul 21.00 WIB. Hal ini menyebabkan Anda akan merasa lelah dan insomnia pada malam hari.

Faktor Usia

Faktor usia pula dapat mensugesti tanda-tanda jet lag. Orang yg lebih tua umumnya lebih rentan terhadap jet lag daripada orang yang lebih muda. Hal ini karena tubuh orang yg lebih tua lebih sulit untuk beradaptasi menggunakan perubahan.

Baca Juga  Apa Saja Keuntungan Paket Haji Plus yang Akan Anda Dapatkan?

misalnya, seorang laki-laki berusia 50 tahun terbang dari Jakarta ke London. pria tadi akan mengalami tanda-tanda jet lag yang lebih parah daripada seseorang wanita berusia 20 tahun yang terbang dari Jakarta ke London.

Faktor Kesehatan

Orang yg mempunyai persoalan kesehatan eksklusif, seperti sulit tidur, gangguan tidur, atau gangguan pencernaan, pula lebih rentan terhadap jet lag. Hal ini karena persoalan kesehatan tadi dapat memperburuk tanda-tanda jet lag.

contohnya, seorang wanita yang mempunyai sulit tidur terbang asal Jakarta ke London. perempuan tadi akan mengalami tanda-tanda jet lag yg lebih parah daripada seseorang perempuan yg tidak memiliki insomnia.

Tnda-tanda anda Mengalami Jet Lag

Membahas perihal ciri atau gejala jet Lag, relatif krusial kita bahas dalam artikel tips serta cara instan mengatasi jet lag. gejala jet lag dapat bervariasi dari orang ke orang. tanda-tanda yg paling umum adalah sebagai berikut:

  1. Kelelahan
  2. insomnia
  3. Perubahan nafsu makan
  4. Sakit kepala
  5. Gangguan pencernaan
  6. Gangguan konsentrasi
  7. Perubahan mood

Tips dan Cara instan Mengatasi Jet Lag

Berikut adalah tips serta cara instan mengatasi jet lag secara instan yang bisa anda coba:

1. Atur waktu tidur

saat tiba di tempat tujuan, atur waktu tidur Anda sesuai dengan waktu setempat. Bila Anda tiba di tempat tujuan di siang hari, cobalah untuk tetap terjaga serta beraktivitas hingga malam hari.

Hal ini akan membantu tubuh Anda untuk mengikuti keadaan dengan waktu setempat.

2. Paparan sinar Matahari

pada pagi hari, pastikan Anda mendapatkan paparan sinar matahari. Sinar matahari akan membantu tubuh Anda untuk menghasilkan hormon melatonin, yaitu hormon yg mengatur ritme tidur.

Jika Anda tiba di kawasan tujuan pada malam hari, Anda bisa menggunakan lampu terapi cahaya. Lampu terapi cahaya akan membentuk sinar matahari buatan yg dapat membantu tubuh Anda untuk menyesuaikan diri dengan waktu setempat.

3. Minum air yang cukup

dehidrasi bisa memperburuk tanda-tanda jet lag. oleh karena itu, pastikan Anda minum air yg cukup selama bepergian serta sehabis tiba di daerah tujuan.

Baca Juga  Kenali Sejarah dan Budaya Qatar

4. Hindari kafein serta alkohol

Kafein dan alkohol dapat merusak kualitas tidur. oleh sebab itu, hindari mengonsumsi kafein serta alkohol sebelum tidur.

5. Olahraga ringan

Olahraga ringan bisa membantu tubuh Anda buat bersantai serta menaikkan kualitas tidur. tetapi, hindari olahraga berat sebelum tidur.

6. pakai obat tidur

Bila gejala jet lag Anda sangat menghambat, Anda bisa menggunakan obat tidur. namun, penggunaan obat tidur usahakan hanya dilakukan buat jangka pendek.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata di Cappadocia Turki

Tips dan cara Tambahan mengatasi jet lag

Berikut adalah beberapa saran tambahan yang dapat membantu Anda buat mengatasi jet lag:

Bila Anda terbang dalam waktu dekat, cobalah buat mengatur waktu tidur Anda secara sedikit demi sedikit. contohnya, Bila Anda akan terbang ke Eropa, cobalah untuk tidur lebih larut setiap malam selama beberapa hari sebelum penerbangan.

Bawalah perlengkapan tidur yg nyaman, mirip bantal dan selimut. Hal ini akan membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak pada kawasan tujuan.

Jika Anda tiba di kawasan tujuan di malam hari, cobalah untuk mandi air hangat sebelum tidur. Mandi air hangat akan membantu Anda buat rileks dan lebih simpel tertidur.

konklusi Tips dan Cara Instan Mengatasi Jet Lag

Jet lag bagaikan seseorang anak kecil yg baru pindah ke rumah baru. Anak kecil tersebut perlu waktu untuk mengikuti keadaan dengan lingkungan barunya.

Demikian juga, tubuh kita perlu waktu untuk beradaptasi dengan perbedaan zona waktu.

Tips-tips di atas bisa membantu tubuh Anda buat mengikuti keadaan lebih cepat. dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mengurangi gejala jet lag dan menikmati perjalanan Anda dengan lebih maksimal.

Jet Lag memang kadang mengganggu kenyamanan perjalanan kita. Apa lagi jika kita bepergian untuk liburan. Rasanya sangat mengganggu sekali. Mempersiapkan perjalanan yang sangat jauh sudah cukup menguras tenaga dan pikiran, apalagi jika harus ditambah dengan gejala jet lag. Untuk masalah mengatasi jet lag, anda bisa menerapkan beberapa tips dan cara instan mengatasi jet lag di atas. Sedangkan untuk masalah persiapan perjalanan seperti tiket transportasi, passpor, visa, dan lain sebagainya anda bisa menyerahkannya pada jasa travel terpercaya

Penyedia jasa perjalanan seperti travel umroh, travel wisata,,dan lain-lain biasanya memiliki paket harga wisata yang sudah all in. tentunya dengan dengan harga dan fasilitas yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Jadi, anda tidak perlu banyak mengeluarkan tenaga untuk liburan anda. 

Baca Juga : Rekomendasi Wisata Instagramable di Qatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Recent Posts

  • All Post
  • Blog
  • Edukasi Islam
  • Fiqih Umroh
  • Haji
  • Info Umroh Plus
  • News
  • Review Paket Umroh
  • Review Wisata Halal
  • Tips Umroh
  • Uncategorized
  • Wisata

PT. Cahaya Raudhah

Jl. Ukong Sutaatmaja, Cigadung, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41211

© Created by Cahaya Raudhah Tour and Travel

Buka Chat
Cahaya Raudhah
Assalamualaikum

Ada yang bisa kami bantu?

Hubungi Kak Sandra (admin) untuk informasi lebih lanjut..