Blog

Blog Terbaru

10 Keutamaan Bulan Ramadhan yang Perlu anda Tahu Beserta Dalilnya

Ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia. Sebuah bulan dimana kita mendapatkan berbagai macam limpahan rahmat dari Allah SWT. kali ini kita akan membahas beberapa bentuk limpahan rahmat dari Allah di bulan Ramadhan yang membuat bulan ini sangat istimewa. berikut beberapa keutamaan bulan Ramadhan yang perlu anda ketahui.

 

Bulan diturunkannya Al-Quran

Keutamaan Bulan Ramadhan yang pertama adalah turunnya Al-Qur’an. Pada bulan ini Al-Qur’an pertama kali turun kepada Nabi Muhammad SAW. Ayat yang pertama kali turun adalah Surah Al-Alaq ayat 1-5. Tepatnya turun pada malam 17 Ramadhan. 

Dalam hal turunnya Al-Qur’an ini, ada beberapa pendapat. Pendapat pertama mengatakan bahwa Al-Qur’an turun pertama kali di bulan Ramadhan dan selanjtnya turun secara berangsur-angsur sesuai kejadian di dunia. Kedua, mengatakan bahwa Al-Qur’an turun secara lengkap dari Lauhul Mahfudz ke langit dunia pada malam Lailatul Qadr di bulan Ramadhan. Kemudian turun berangsur-angsur sesuai dengan kebutuhan umat islam kala itu. Teori Ketiga mengatakan bahwa Al-Qur’an turun secara lengkap dari Lauh Mahfudz ke langit dunia selama 20 hari, lalu turun ke Nabi Muhammad SAW sesuai dengan kebutuhan umat muslim kala itu.

Dalam Al-Quran keutaman bulan Ramadhan ini juga dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 185 : 

 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ 

Artinya : Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil). Oleh karena itu, siapa di antara kamu hadir (di tempat tinggalnya atau bukan musafir) pada bulan itu, berpuasalah. Siapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya) sebanyak hari (yang ditinggalkannya) pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur. (QS : Al-Baqarah :185)

Baca Juga  Tips Mencegah Dehidrasi Selama Umroh: Panduan Minum yang Benar

Mendapatkan Ampunan atas Dosa-dosa yang telah Berlalu

Keutamaan yang kedua dari bulan Ramadhan adalah mendapatkan ampunan dari Allah untuk dosa-dosa yang telah diperbuatnya. Dengan beberapa catatan yang perlu kita perhatikan. Sebagaimana disebutkan pada hadis Nabi : 

 

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إيْمَا نًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ 

Artinya : Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan karena Iman dan mengharap pahala dari Allah maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam hadis di atas disebutkan bahwa Ampunan Allah hanya diberikan kepada orang-orang yang menjalankan ibadah puasa dengan iman dan hanya berharap pada Allah SWT.

Maksudnya adalah ibadah puasa yang didasari atas ketaatan kepada Allah sebagai konsekuensi dari iman kita. Dengan ini puasa kita bukan hanya ikut-ikutan atau malu karena tidak puasa. Tapi kerena kita beriman dan kita taat pada Allah. Selain itu kita harus berpuasa dengan tujuan mendapatkan ganjaran dari Allah. Bukan karena hal lain.

Waktu dimana Setan Dibelenggu, Pintu Neraka Ditutup, dan Pintu Surga Dibuka

Keutamaan Bulan Ramadhan yang ketiga adalah momen dimana Allah membuka pintu surga, menutup pintu neraka, dan membelenggu setan yang menggoda manusia. Pernyataan ini sesuai dengan hadis berikut : 

 

قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌمُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلًّ فَيْهَ الشَّيَاطَيْنُ فَيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ 

 

Artinya: Telah datang bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu. Saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan (HR Ahmad). 

Terdapat Malam yang nilainya lebih dari 1000 bulan

Pada bulan Ramadhan, Allah menyediakan satu momen istimewa untuk umat islam. Waktu dimana Allah melipat gandakan ganjaran setiap amalan hambanya seperti halnya mengamalkan amalan tersebut selama 1000 bulan. Pada waktu itu pula Allah membuka pintu langit selebar-lebarnya. Allah membuka pintu ampunan bagi setiap hambanya yang memohon ampunan. Sekaligus mengabulkan setiap doa hambanya yang berdoa pada malam itu.

Baca Juga  10 Wisata Fotogenik: Spot Foto Menarik di Abu Dhabi

Malam yang istimewa itu adalah Lailatul Qadr. Keutamaan malam ini dapat kita temukan pada surat Al-Qadr ayat 1 – 5. Keutamaan malam Lailatul Qadr mungkin akan kita bahas lebih jauh pada pembahasan selanjutnya. Lailatul Qadr merupakan keutamaan yang menjadi incaran orang-orang sholeh di Bulan Ramadhan. 

Momen Mustajab untuk berdoa

 

ثلاثةٌ لا تُرَدُّ دعوتُهم: الصائمُ حتى يُفطِرَ، والإمامُ العادلُ، ودعوةُ المظلومِ، يرفعها اللهُ فوقَ الغمامِ ويُفتَحُ لها أبوابُ السماءِ

Artinya : Ada 3 doa yang tidak akan ditolak : Seseorang ang berpuasa sampai ia berbuka, Imam yang adil, dan doa orang yang terdzolimi. Allah akan mengangkat doa-doa mereka ke atas awan dan akan dibukakan untuknya pintu-pintu surga. (H.R. Tirmidzii)

Salah satu keutamaan bulan Ramadhan yang perlu kita maksimalakan adalah jaminan Allah untuk mengabulkan setiap doa orang-orang yang sedang berpuasa. Oleh karena itu, sangat merugi juka kita melewatkan momen ini.

Waktu Terbaik untuk Bersedekah

Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad pernah mendapatkan pertanyaan tentang “Sedekah apakah yang terbaik?”. Lalu Nabi Muhammad menjawab “sedekah terbaik adalah sedekah di bulan Ramadhan”.

Berikut lafadz hadisnya : 

 أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: أفضل الصدقة صدقة في رمضان

Artinya : Nabi Muhammad SAW berkata “sebaik-baiknya Sedekah adalah sedekah di bulan Ramadhan”. (H.R Tirmidzi : 662)

Umroh di Bulan Ramadhan akan mendapatkan Ganjaran setara Haji

Dengan melaksanakan umroh di bulan yang istimewa ini, kita bisa mendapatkan ganjaran haji sebagaimana Hadis Rasulullah SAW berikut: 

 

«إنَّ الحجَّ والعمرةَ في سبيلِ اللهِ ، وإنَّ عُمرةً في رمضانَ تعدِلُ حَجَّةً ، أو تُجزِي حجَّةً»

Artinya : Sesungguhnya haji dan umroh merupakan aktifitas Fisabilillah. Dan sesungguhnya umroh di bulan ramadhahn seperti haji. atau diganjar sepadan dengan haji. (H.R. Bukhori : 1782)

Bulan Penghapus Dosa

Salah satu keutamaan dari bulan Ramadhan adalah penghapus dosa-dosa antara Ramadhan tahun sebelumnya dan tahun sekarang. Hl ini berdasarkan hadis Nabi berikut : 

Baca Juga  8 Tips Menabung dan Menyusun Rencana Keuangan Lengkap dengan Studi Kasus untuk Menunaikan Umroh bagi mahasiswa 

 

الصلوات الخمس، والجمعة إلى الجمعة، ورمضان إلى رمضان مُكَفِّراتٌ لما بينهنَّ إذا اجتُنبَت الكبائر

Artinya : Di antara shalāt yang lima waktu, di antara Jum’at yang satu dan Jum’at lainnya, di antara Ramadhān yang satu dan Ramadhān lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya selama seseorang menjauhi dosa-dosa besar.” (Hadīts shahīh riwayat Muslim nomor 233)

Pahala Amal Sholeh 1000 kali lebih banyak

Fadhilah bulan Ramadhan kali ini datang dari hadis yang sebenarnya Dhaif/lemah secara sanad. Namun hadis ini masih digunakan oleh beberapa ulama dengan tujuan menumbuhkan semangat dalam melakukan amal sholeh selama bulan Ramadhan. Berikut hadisnya: 

 

عن الزهري قال : ” تسبيحة في رمضان أفضل من ألف تسبيحة في غيره

Artinya : Bertasbih pada waktu Ramadan lebih utama daripada seribu tasbih di bulan yang lainnya

Walaupun pada hadis di atas menggunakan kata “bertasbih” namun beberapa ulama mengartikannya dengan “segala amal sholeh”. 

Waktu untuk Memperbaiki Kesehatan

Selain begitu banyak keutamaan dari segi spiritual, puasa di bulan Ramadhan juga sangat banyak memberikan manfaat bagi kesehatan kita. Berikut beberapa manfaat dari puasa yang bisa kita rasakan.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan: Sebuah studi di Inggris menemukan bahwa orang yang berpuasa selama Ramadhan rata-rata kehilangan 1-2 kg berat badan. 
  • Menstabilkan Gula Darah: Puasa membantu meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga membantu mengontrol kadar gula darah. 
  • Menjaga Kesehatan Jantung: Puasa dapat menurunkan kolesterol dan trigliserida, serta meningkatkan tekanan darah. 
  • Meningkatkan Fungsi Otak: Puasa dapat membantu meningkatkan memori dan fungsi kognitif. 
  • Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh: Puasa dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang berperan dalam melawan infeksi. 

Kunjungi : 

Travel Umroh Subang

Umroh Jawa barat

Referensi : 

https://www.islamweb.net/

https://fiqh.islamonline.net/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Recent Posts

  • All Post
  • Blog
  • Edukasi Islam
  • Fiqih Umroh
  • Haji
  • Info Umroh Plus
  • News
  • Review Paket Umroh
  • Review Wisata Halal
  • Tips Umroh
  • Uncategorized
  • Wisata

PT. Cahaya Raudhah

Jl. Ukong Sutaatmaja, Cigadung, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41211

© Created by Cahaya Raudhah Tour and Travel

Buka Chat
Cahaya Raudhah
Assalamualaikum

Ada yang bisa kami bantu?

Hubungi Kak Sandra (admin) untuk informasi lebih lanjut..