Blog

Blog Terbaru

15 Fakta Unik Istana Topkapi yang Wajib Anda Tahu

Cahaya Raudhah – Istana Topkapi adalah salah satu destinasi wisata paling populer di Turki. Istana ini merupakan bekas kediaman resmi Sultan Utsmaniyah selama lebih dari 600 tahun, dan menjadi saksi bisu kejayaan dan kemegahan Kekaisaran Ottoman. Berikut adalah beberapa fakta unik Istana Topkapi di Turki yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Istana Terluas Kedua di Dunia

Fakta unik Istana Topkapi di Turki yang pertama adalah memiliki luas sekitar 700.000 meter persegi, menjadikannya istana terluas kedua di dunia setelah Forbidden City di China. Istana ini terdiri dari empat halaman utama, masing-masing dengan gaya arsitektur yang berbeda-beda.

2. Saksi Bisu Kejayaan Kekaisaran Ottoman

Fakta Istana Topkapi di Turki selanjtnya adalah berdiri pada abad ke-15 oleh Sultan Mehmed II, yang berhasil menaklukkan Konstantinopel dan menjadikannya ibu kota Kekaisaran Ottoman. Istana ini menjadi pusat pemerintahan dan pusat kebudayaan Kekaisaran Ottoman selama lebih dari 600 tahun.

Di Istana Topkapi, Anda dapat melihat berbagai macam peninggalan bersejarah dari masa Kekaisaran Ottoman, seperti pedang, mahkota, jubah, dan lukisan. Anda juga dapat melihat beberapa benda bersejarah dari masa-masa sebelumnya, seperti artefak dari era Bizantium dan Romawi.

Baca Juga  Tips Lengkap Liburan ke Luar Negeri untuk Muslim dan Pemula

3. Menyimpan Rambut Nabi Muhammad

Fakta unik Istana Topkapi di Turki yang paling istimewa adalah Rambut Rasulullah. Rambut ini disimpan dalam sebuah kotak kaca di Museum Pusaka Kesultanan.

Rambut ini diyakini telah dibawa ke Istanbul oleh Sultan Selim I pada abad ke-16. Sultan Selim I mengalahkan Mamluk Mesir dalam Pertempuran Marj Dabiq, dan mendapatkan banyak harta rampasan, termasuk rambut Nabi Muhammad.

4. Menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO

Fakta unik dari Istana Topkapi yang wajib kita ketahui bersama adalah Pada tahun 1985, Istana Topkapi diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Pengakuan ini menunjukkan bahwa Istana Topkapi memiliki nilai sejarah dan budaya yang penting bagi dunia.

5. Tempat Kelahiran Sultan Sulaiman Al-Qanuni

Istana Topkapi juga merupakan tempat kelahiran Sultan Sulaiman Al-Qanuni, salah satu sultan paling terkenal dalam sejarah Kekaisaran Ottoman. Sultan Sulaiman Al-Qanuni memerintah selama 46 tahun, dan mendapatkan julukan sebagai “Sultan Agung” karena kebijaksanaan dan kehebatannya.

6. Tempat Pernikahan Sultan Mehmed II

Fakta Unik selanjutnya dari Istana Topkapi adalah menjadi tempat pernikahan Sultan Mehmed II, yang menaklukkan Konstantinopel. Sultan Mehmed II menikahi Roxelana, seorang gadis budak dari Ukraina. Roxelana menjadi istri favorit Sultan Mehmed II, dan memiliki pengaruh yang besar dalam pemerintahan.

7. Tempat Penyimpanan Harta Karun Kekaisaran Ottoman

Istana Topkapi juga menyimpan banyak harta karun Kekaisaran Ottoman, seperti perhiasan, senjata, dan benda-benda seni. Beberapa koleksi harta karun yang paling terkenal di antaranya adalah:

Mahkota Topkapi, mahkota yang digunakan oleh para sultan Ottoman.

Pedang Zulfiqar, pedang yang digunakan oleh Nabi Muhammad.

Al-Quran pemberian Sultan Bayezid II.

8. Tempat Penyiksaan dan Eksekusi

Istana Topkapi juga menjadi tempat penyiksaan dan eksekusi. Di dalam istana terdapat sebuah penjara bawah tanah yang disebut Yedikule Zindanları, yang biasa digunakan menahan para tahanan politik dan musuh-musuh sultan.

9. Tempat Persembunyian Harem

Istana Topkapi juga memiliki harem, yang merupakan tempat tinggal Sultan dan seluruh anggota Dinasti Ottoman. Harem di Istana Topkapi sangatlah luas dan megah, dan merupakan salah satu harem terbesar di dunia.

Baca Juga  Mengenal Keutamaan Ziarah di Tanah Suci: Edukasi Sebelum Berangkat

10. Tempat Pertemuan Para Sultan dengan Rakyat

Istana Topkapi juga memiliki sebuah ruangan yang disebut Aya Sofya Kapısı, yang digunakan oleh para sultan untuk bertemu dengan rakyat. Di ruangan ini, para sultan akan mendengarkan keluhan dan permohonan dari rakyat.

Itulah beberapa fakta unik Istana Topkapi di Turki. Istana ini merupakan tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi, dan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan.

11. Tempat Tinggal 40.000 Orang

Istana Topkapi tidak hanya menjadi kediaman sultan dan keluarganya, tetapi juga tempat tinggal bagi ribuan orang lainnya, termasuk para pejabat kerajaan, tentara, pelayan, dan budak. Pada masa kejayaannya, Istana Topkapi diperkirakan menampung hingga 40.000 orang.

12. Memiliki 700 Kamar

Istana Topkapi memiliki banyak sekali kamar, yang masing-masing memiliki fungsinya sendiri. Beberapa kamar yang paling terkenal di antaranya adalah:

Kamar Kesedihan: Kamar ini digunakan oleh para sultan untuk berduka atas kematian anggota keluarga mereka.

Kamar Perbendaharaan: Kamar ini menyimpan harta karun Kekaisaran Ottoman, termasuk perhiasan, senjata, dan benda-benda seni.

Harem: Harem adalah tempat tinggal Sultan dan seluruh anggota keluarga dinasti Ottoman. Harem di Istana Topkapi sangatlah luas dan megah, dan merupakan salah satu harem terbesar di dunia.

13. Menjadi Tempat Syuting Film

Istana Topkapi telah menjadi tempat syuting berbagai film, termasuk film The Magnificent Century, The Sultan’s Harem, dan The Ottoman Lieutenant.

14. Menjadi Destinasi Wisata Terpopuler di Turki

Istana Topkapi adalah salah satu destinasi wisata paling populer di Turki. Setiap tahun, Istana Topkapi mendapatkan kunjungan dari jutaan wisatawan dari seluruh dunia.

15. Menjadi Saksi Bisu Perkembangan Teknologi

Istana Topkapi telah mengalami berbagai perubahan selama bertahun-tahun, seiring dengan perkembangan teknologi. Misalnya, pada abad ke-16, Istana Topkapi dilengkapi dengan sistem pemanas sentral, yang merupakan salah satu yang pertama di dunia.

Baca Juga : Rekomendasi Wisata Balon Udara di Turki

Baca Juga  Apa yang Dimaksud Wisata Halal dan Apa Bedanya dengan Wisata Konvensional?

Serba-Serbi Wisata Istana Topkapi di Turki

Tak lengkap kiranya membahas fakta unik salah satu tempat wisata seperti Istana Topkapi di Turki, tanpa memberikan rekomendasi dan tips berkunjung. Berikut informasi yang perlu anda ketahui jika ingin mengunjungi istana Topkapi di Turki

Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Istana Topkapi

Istana Topkapi buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 17.00. Waktu terbaik untuk mengunjungi istana ini adalah pada musim semi atau musim gugur, karena cuacanya tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

Jika Anda ingin menghindari keramaian, sebaiknya datanglah pada pagi hari atau sore hari. Istana Topkapi sangat ramai dengan wisatawan, terutama pada musim panas.

Baca Juga : Rekomendasi Menu dan Wisata Kuliner di Turki

Tips Mengunjungi Istana Topkapi

Untuk mengunjungi Istana Topkapi, Anda harus membeli tiket masuk. Tiket masuk untuk dewasa seharga 72 TL, dan tiket masuk untuk anak-anak seharga 36 TL.

Anda juga dapat membeli tiket masuk yang mencakup kunjungan ke Hagia Sophia dan Masjid Biru. Tiket masuk gabungan ini seharga 160 TL untuk dewasa, dan 80 TL untuk anak-anak.

Istana Topkapi adalah tempat yang sangat luas, sehingga Anda perlu menyiapkan waktu yang cukup untuk menjelajahi seluruh istana. Anda juga sebaiknya mengenakan sepatu yang nyaman, karena Anda akan banyak berjalan kaki.

Suasana Istana Topkapi

Suasana di Istana Topkapi sangatlah tenang dan damai. Mngkin Anda akan merasakan sensasi seperti memasuki dunia lain yang jauh dari hiruk pikuk kota.

Anda akan melihat berbagai macam bangunan bersejarah yang megah dan indah. Anda juga akan melihat berbagai macam koleksi benda-benda bersejarah yang menakjubkan.

Kelebihan Istana Topkapi

Istana Topkapi memiliki banyak kelebihan, antara lain:

  • Istana ini sangat luas dan megah, sehingga Anda akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.
  • Istana ini menyimpan banyak koleksi benda-benda bersejarah yang berharga, sehingga Anda dapat mempelajari sejarah Kekaisaran Ottoman.
  • Istana ini terletak di pusat kota Istanbul, sehingga Anda dapat dengan mudah mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya di Istanbul.

Referance : Istana Topkapi 

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata di Cappadocia

Cahaya Raudhah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Recent Posts

  • All Post
  • Blog
  • Edukasi Islam
  • Fiqih Umroh
  • Haji
  • Info Umroh Plus
  • News
  • Review Paket Umroh
  • Review Wisata Halal
  • Tips Umroh
  • Uncategorized
  • Wisata

PT. Cahaya Raudhah

Jl. Ukong Sutaatmaja, Cigadung, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41211

© Created by Cahaya Raudhah Tour and Travel

Buka Chat
Cahaya Raudhah
Assalamualaikum

Ada yang bisa kami bantu?

Hubungi Kak Sandra (admin) untuk informasi lebih lanjut..